Universitas Islam Bandung Repository

Pembelajaran dengan Scientific Debate untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa

Show simple item record

dc.contributor.author RAMDANI, Yani
dc.date.accessioned 2015-11-19T09:38:22Z
dc.date.available 2015-11-19T09:38:22Z
dc.date.issued 2014-06
dc.identifier.issn 0215-8175
dc.identifier.issn e-ISSN 2303-2499
dc.identifier.uri http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/427#.VkxCPUurC02
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/1155
dc.description.abstract Artikel ini mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Scientific Debate terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jenis penelitian adalah kuasi- eksperimen dengan melibatkan 94 mahasiswa. Instrumen penelitian adalah tes Kemampuan Awal Matematis (KAM) dan tes Kemampuan Berpikir Kreatif (KBK). Skor peningkatan kemampuan berpikir kreatif dianalisis dengan uji gain ternormalisasi. Pengaruh penerapan model pembelajaran scientific debate dan konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif digunakan uji Mann-Whitney U dan Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan scientific debate lebih baik dibandingkan dengan konvensional. Rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan scientific debate yang didasarkan pada KAM tidak berbeda secara signifikan. Pada kelas konvesional peningkatan kemampuan berpikir kreatif bergantung kepada kemampuan awal yang dimiliki mahasiswa. Pada pembelajaran scientific debate, perbedaan latar belakang pendidikan mahasiswa tidak memberikan efek yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif, sedangkan pada pembelajaran konvensional memberikan efek yang signifikan. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Pusat Penerbitan Universitas (P2U) - LPPM Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.relation.ispartofseries MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan;Volume 30, No. 1, Tahun 2014
dc.subject KREATIF en_US
dc.subject SCIENTIFIC DEBATE en_US
dc.subject MANN-WHITNEY U DAN KRUSKAL WALLIS en_US
dc.title Pembelajaran dengan Scientific Debate untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account