Abstract:
Penelitian ini tentang profil kemampuan negosiasi bisnis wanita pengusaha dalam memasarkan produk dan jasa. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan negosiasi bisnis untuk membangun kerjasama, dan bersaing, penggunaaan pesan verbal dan nonverbal, serta faktor penghambat dalam memasarkan produk dan jasa. Metode penelitian ini kualitatif dengan studi kasus tunggal. Pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara mendalam, serta kepustakaan. Informan penelitian ini wanita pengusaha anggota Ikatan Pengusaha Wanita (IWAPI) Jawa Barat. Temuan penelitian tentang kemampuan negosiasi bisnis untuk membangun kerjasama melalui tahap negosiasi mencakup eksplorasi, penawaran, tawar-menawar, penyelesaian, dan pengesahan. Mereka tidak bersaing, melainkan bekerjasama dengan pihak lain, dan memiliki karakteristik personal sebagai negosiator cukup kuat, menggunakan pesan verbal secara jelas, singkat, dan bermakna positif, sedangkan pada nonverbal memperhatikan isyarat mimik muka, kontak mata, gerakan tangan, dan penggunakan busana yang sesuai. Hambatan yang diperoleh adalah pengetahuan wanita pengusaha tentang negosiasi bisnis terbatas, sikap dan kepribadian sebagai negosiator handal perlu terus dikembangkan.