Abstract:
Bancassurance berbeda dengan instrumen investasi lain, seperti deposito.
Produk bancassurance menggabungkan unsur investasi dan proteksi, sehingga
nasabah mendapatkan keuntungan ganda. Bagi bank maupun asuransi, kerjasama
dalam pemasaran ini tentu diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan pendapatan
mereka sekaligus dapat memberikan nilai tambah bagi nasabahnya, seperti pada
pembiayaan yang menggunakan asuransi. Berdasarkan pemaparan di atas maka
penulis tertarik untuk menganalisis bagaimana pengaruh penjualan bancassurance di
asuransi Mega Life Syariah periode 2011-2013 dan seberapa besar pengaruhnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penjualan bancassurance
terhadap pendapatan pada asuransi pembiayaan dan mengetahui berapa besar
pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif analisis dengan sumber
data beberapa laporan keuangan dengan periode perbulan dari Mega Life Syariah.
Dan data tersebut dianalisis regresi sederhana, uji t, uji asumsi klasik, dengan
menggunakan perangkat lunak SPSS.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penjualan bancassurance sangat
berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pada asuransi pembiayaan di Mega Life
Syariah cabang bandung. Besarnya pengaruh penjualan bancassurance terhadap
pendapatan pada asuransi pembiayaan di Mega Life syariah periode 2011-2013
berpengaruh sebesar 0,610. Hal ini disebabkan karena tingkat penjualan dan
pendapatan bancassurance di Mega Life Syariah periode 2011-2013 mengalami
peningkatan dengan adanya pemasaran yang membaik dari tahun ketahunnya.