Abstract:
Pentingnya melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR)
mulai banyak disadari oleh berbagai kalangan perusahaan saat ini. Selain untuk
mematuhi aturan perundang-undangan yang berlaku, Corporate Social
Responsibility (CSR) juga dianggap sebagai upaya untuk menarik simpati dan
kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Kegiatan Corporate Social
Responsibility (CSR) ini kemudian dipublikasikan oleh perusahaan melalui
laporan tahunannya (Annual Report) di Jakarta Islamic Index. Dengan
mempublikasikan kinerja laporan tahunan (Annual Report) yang baik, diharapkan
dapat menjadi daya tarik bagi para calon investor untuk menanamkan sahamnya
di perusahaan, sehingga harga saham pun akan ikut terdongkrak.
Rumusan masalah dalam penelitian dalam penelitian ini yaitu bagaimana
tingkat pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan tingkat
perubahan harga saham serta bagaimana pengaruh pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) terhadap perubahan harga saham pada perusahaan
yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode tahun 2011 – tahun 2014.
Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengungkapan
Corporate Social responsibility (CSR) perusahaan, tingkat perubahan harga
saham perusahaan serta pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap
perubahan harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index
periode tahun 2011 – tahun 2014.Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan analisis data kuantitatif.
Penulis melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi
sederhana pada SPPS 19.0 for window.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa rata-rata pengungkapan
Corporate Social Responsibility (CSR) dari 27 perusahaan selama 4 tahun adalah
sebesar 54,36% sedangkan untuk rata-rata perubahan saham dari 27 perusahaan
selama 4 tahun adalah sebesar 49,39%, dan untuk hubungan Pengungkapan
Corporate Social Responsibility (CSR) dengan perubahan harga saham ternyata
tidak memiliki hubungan yang signifikan.