Abstract:
Dalam Islam layanan tidak hanya sekedar melaksanakan tugasnya dan
membantu para nasabahnya semata, akan tetapi sebagai bentuk ibadah kepada Allah
SWT dan akan dipertanggungjawabkan. Dalam layanan nasabah priority ini terdapat
perbedaan perlakuan yang diberikan kepada nasabah priority dan nasabah biasa.
Sedangkan dalam Islam sudah jelas bahwa manusia tidak boleh dibeda-bedakan dan
dalam perbankan pun nasabah mempunyai hak perlakuan yang sama dengan nasabah
lainnya (equal treatment). Belakangan ini terdapat banyak kasus penyalahgunaan
terhadap layanan yang diberikan untuk pemilik dana besar itu. Dalam penelitian ini
penulis ingin mengkaji masalah sistem layanan dalam Islam, konsep layanan nasabah
priority di Bank Syariah Mandiri Cabang Ahmad Yani Bandung, dan tinjauan Islam
terhadap layanan nasabah priority pada BSM Cabang Ahmad Yani.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis data kualitatif. Teknik analisis
data yang digunakan adalah dengan melakukan tabulasi dari hasil wawancara yang
telah dilakukan dan mendeskripsikan hasil studi kepustakaan disertai dengan
analisisnya. Sedangkan yang menjadi objek penelitian penulis adalah layanan
nasabah priority di BSM Ahmad Yani.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pelayanan dalam Islam harus
jujur, terpercaya (Al-Amanah), tidak menipu (Al-Kadzib), menepati janji dan tidak
curang, melayani dengan rendah hati (khidmah), dan tidak melupakan akhirat.
Konsep layanan nasabah priority di BSM Ahmad Yani adalah berupa pemberian
kartu identitas nasabah priority yang diperoleh dengan menanamkan dana di BSM
sebesar minimal Rp. 500 juta maka bank akan memberikan pelayanan yang biberikan
langsung oleh Priority Banking Officer di ruangan khusus sehingga bebas antri jika
ingin bertransaksi, mendapat berbagai potongan, bonus, mendapat fasilitas airport
executive lounge, dan mendapat program-program serta berbagai kemudahan lain
yang dikhususkan untuk nasabah priority. Sementara berdasarkan tinjauan Islam
terhadap layanan nasabah priority pada BSM Ahmad Yani memberikan layanan extra
kepada nasabah priority berdasarkan kontribusinya yang merupakan bagian dari amal
nasabah priority, dimana amal merupakan faktor yang menentukan kedudukan
seseorang dan Islam menghargai seseorang berdasarkan tingkat kontribusinya.