Universitas Islam Bandung Repository

Impression Management Guru Dalam Prespektif Dramaturgis “Studi Kualitatif Dengan Pendekatan Dramaturgi Mengenai Impression Management (Pengelolaan Kesan) Guru Di Smk 45 Lembang Yang Juga Berprofesi Sebagai Petani”

Show simple item record

dc.contributor.author Abdurrazzaq, Firyal Firdaus
dc.date.accessioned 2017-10-30T02:23:19Z
dc.date.available 2017-10-30T02:23:19Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12082
dc.description.abstract Interaksi yang terjadi antara guru dan murid besar kemungkinan adanya kesalahan persepsi pada kedua belah pihak, karena seorang guru melakukan impression management(pengelolaan kesan), sebagai salah satu cara bagaimana kita harus menghadapi orang lain berdasarkan kesan yang ditunjukan. Dalam hidup ini memungkinkan untuk dapat melakukan pengelolaan kesan yang berbeda berdasarkan situasi dan kondisinya. Oleh karenanya kita memainkan berbagai peran dalam panggung sandiwra. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tindakan dari personal front (peralatan yang digunakan untuk menampilkan diri) dalam Impression Management (Pengelolaan Kesan) pada diri guru SMK 45 Lembang. (2) . Untuk mengetahui kerangka perilaku yang terbentuk dalam front stage (panggung depan) dari Impression Management (Pengelolaan Kesan) pada diri guru SMK 45 Lembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan dramaturgi. Penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah sebagai berikut: studi kepustakaan, wawancara mendalam, pengamatan lapangan. Kemudian dalam penelitian ini melalui tahap- tahap penelitian, yaitu tahap pra lapangan, tahap penelitian lapangan, tahap analisis, dan penulisan laporan. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, interaksi yang kerap terjadi antara guru dan murid di sekolah kerap kali terjadi, meskipun terlihat seperti ada tembok pemisah diantaranya, yang membuat seorang murid merasa bahwa guru adalah seseorang yang disegani, tetapi terkadang juga paling banyak di kritik. Pada diri guru yang penulis teliti dari setiap tindakan-tindakan dari personal front (peralatan yang digunakan untuk menampilkan diri; appeareance, manner, dan setting) dalam pengelolaan kesan, mempunyai tujuan tertentu. Hal ini disebabkan karena sebagai guru dimana komunikasi berperan sangat penting didalamnya untuk kelancaran proses belajar mengajar dan terciptanya suatu suasana belajar yang sangat kondusif, membuat para guru ini melakukan hal-hal yang menurutnya dapat menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar, yaitu dalam hal menampilkan dirinya sebagai seorang aktor yaitu menjadi guru yang berakting didepan penonton yaitu siswa. Para guru ini memanipulasi kesan yang ditampilkannya dihadapan murid, tanpa siswa- siwinya tersebut mengetahui bahwa mungkin saja diluar skenario sebagai guru, para guru ini melakukan hal-hal yang sangat berbeda. Tindakan yang berubah ini mungkin dirasakan bermanfaat bagi diri guru untuk memperoleh suatu tujuan tertentu, mereka ingin dihargai bahwa sebagai guru mereka mempunyai wewenang untuk membimbing siswanya dengan memberikan materi-materi pelajaran, mereka ingin menciptakan suatu hubungan baik dengan anak didiknya, mereka ingin agar penyampaian pesan atau materi pelajaran dapat diterima dengan baik oleh siswanya, terlihat dari bagaimana mereka membuat suasana belajar mengajar yang sesuai dengan apa yang mereka ingin ciptakan dan yang terpenting mereka ingin dipandang "baik" atau mempunyai citra yang positif di mata para murid terlepas dari bagaimana siswa mempunyai pandangannya tersendiri. Rumusan dalam penelitian ini adalah “Impression Management Guru Dalam Prespektif Dramaturgis” en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Interaksi, Impresson ManagemenT en_US
dc.title Impression Management Guru Dalam Prespektif Dramaturgis “Studi Kualitatif Dengan Pendekatan Dramaturgi Mengenai Impression Management (Pengelolaan Kesan) Guru Di Smk 45 Lembang Yang Juga Berprofesi Sebagai Petani” en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account