Abstract:
Komunikasi adalah suatu hal yang menjadi bagian dari hidup ini dan
hampir tidak bisa dihindari. Komunikasi yang merupakan penyampaian pesan dari
komunikor ke komunikan terjadi juga pada sebuah organisasi yang juga terjadi
penyampaian pesan dari atasan kepada bawahan untuk mencapai kepentingan
organisasi yang disepakati bersama. Untuk terwujudnya kerjasama yang baik
antara atasan dan bawahan dalam sebuah organisasi maka harus didukung dengan
pola komunikasi yang baik yang diterapkan dalam organisasi tersebut. Ini terjadi
pada pimpinan Koperasi Klasik Beans dalam pembinaan petani petani kopi lokal
daerah Kabupaten Garut.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gaya komunikasi
pimpinan Koperasi Klasik Beans dalam pembinaan kualitas produk, untuk
mengetahui teknik komunikasi pimpinan Koperasi Klasik Beans dalam
pembinaan pemasaran produk dan mengetahui alur komunikasi pimpinan
Koperasi Klasik Beans dalam membangun kolaborasi antara koperasi dengan
petani kopi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
studi kasus.
Pola komunikasi pimpinan Koperasi Klasik Beans terlihat dari kegiatan
pembinaan yang rutin dilakukan selama 12 bulan. Hasil dari pembahasan tentang
gaya komunikasi pimpinan Koperasi Klasik Beans dalam pembinaan kualitas
produk pimpinan bersikap partisipatif sehingga terjalin kedekatan emosional
dengan petani, teknik komunikasi pimpinan Koperasi Klasik Beans dalam
pembinaan pemasaran produk menggunakan teknik persuasi, alur komunikasi
pimpinan Koperasi Klasik Beans dalam membangun kolaborasi antara koperasi
dengan petani kopi melalui Downward Communication berupa kebijakan
melestarikan hutan lereng gunung agar ekosistem yang ada di hutan terjaga.
Kesimpulannya dari ketiga poin pembahasan tersebut dapat memperlihatkan pola
komunikasi pimpinan Koperasi Klasik Beans efektif dalam pembinaan petani kopi
lokal.