Abstract:
Persepsi adalah kemampuan otak dalam menerjemahkan stimulus atau proses
yang masuk ke dalam alat indera. Bedside Teaching merupakan salah satu metode
pembelajaran dalam program pendidikan kedokteran yang dapat membantu
peserta didik dalam mengasah keahlian profesi. Penelitian ini bertujuan untuk
menilai persepsi peserta didik dan pasien terhadap pelaksanaan bedside teaching
di pendidikan fase klinik di RSUD Al-Ihsan dan RS Al-Islam.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode observasional analitik, dengan data
primer yaitu kuesioner. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah peserta didik
sebanyak 60 orang dan pasien sebanyak 50 orang yang mengikuti bedside
teaching di kedua rumah sakit dan dianalisis dengan cara uji t tidak berpasangan
menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa sebagian besar peserta didik di RSUD Al-
Ihsan dan RS Al-Islam memiliki persepsi mengenai beberapa aspek seperti aspek
kenyamanan sebanyak >90%, kepuasan >60%, efektifitas >80%, BST sebagai
motivasi belajar >90% dan metode pengajaran klinik >90%. Persepsi pasien
mengenai beberapa aspek seperti kenyamanan >80%, kepuasan >50%,
komunikasi dokter-pasien >40%, dan meningkatkan pengetahuan pasien >70%.
Pada penelitian ini juga membandingkan persepsi peserta didik dan pasien antara
kedua rumah sakit dan didapatkan nilai P (>0.05) yang menyatakan bahwa tidak
ada perbedaan persepsi yang bermakna.
Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa peserta didik dan pasien memiliki
persepsi yang bagus terhadap kenyamanan, kepuasan, komunikasi dokter-pasien
dan aspek yang lainnya tentang pelaksanaan bedside teaching dan tidak ada
perlakuan yang berbeda antara rumah sakit.