Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Penyesuaian Akademik Pada Santri Kelas Xi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Mathla’ul Huda Kab. Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Panduwiyanti, Gusti
dc.date.accessioned 2017-10-31T06:52:16Z
dc.date.available 2017-10-31T06:52:16Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12097
dc.description.abstract Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dan sangat berpengaruh bagi kehidupan, karena pendidikan mengandung fungsi luas yang mampu membawa pada perbaikan dalam kehidupan. Peran dari berbagai pihak terutama institusi pendidikan dibutuhkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Salah satunya yaitu Pesantren Mathla’ul Huda Kab. Bandung yang menyediakan sarana pendidikan umum disertai pendidikan keagamaan. Kurikulum yang digunakan pun merupakan gabungan dari dua kurikulum yaitu kurikulum dari Departeman Agama RI dan kurikulum yang digunakan oleh pondok pesantren itu sendiri yang bermuatan agama. Berdasarkan hasil wawancara dengan pengasuh santri putri dan putra, terdapat 30 santri kelas 11 MA yang memiliki prestasi dibawah rata-rata, hal ini terlihat dari pencapaian prestasi pada saat kelas 10 dan hasil perolehan ujian semester ganjil. Para santri ini belajar pada saat akan diadakan ulangan saja, jarang membaca kembali pelajaran yang telah diberikan, tidak lulus dalam tes hafalan walaupun mengetahui waktu pelaksanaan tes, mengerjakan tugas ketika proses pembelajaran berlangsung, mengobrol dan tidak mencatat ketika ustad dan ustadzah sedang menerangkan, ceroboh dalam menjawab soal ujian, dan belum mengetahui setelah lulus akan melanjutkan dan memasuki jurusan apa yang ada di perkuliahan. Disisi lain, santri merasa orang tua tidak pernah menanyakan kesulitan di pesantren, merasa sering dibandingkan dengan santri lain yang prestasinya lebih baik, tidak diberikan bimbingan dan arahan mengenai apa yang harus dilakukan, bagaimana cara mengatasi kesulitan serta informasi mengenai apa yang harus dicapai seperti menentukan jurusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa erat hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan penyesuaian akademik pada santri kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Mathla’ul Huda Kab. Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan jumlah populasi sebanyak 30 orang dengan karakteristik kelas XI MA jurusan IPA, berasal dari SMP umum dan prestasi dibawah rata-rata. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala dukungan sosial orang tua yang mengacu pada teori dukungan sosial dari Sarafino (1994) dan penyesuaian akademik dari Allen (1990). Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data ordinal. Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi Rank Spearman, diperoleh angka koefisien korelasi sebesar (rs)=0,700 yang termasuk ke dalam kriteria korelasi tinggi dan nilai probabilitas (Sig.) sebesar 0,000 (α=0,01). Maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat dikatakan terdapat hubungan yang positif antara dukungan sosial orang tua dengan penyesuaian akademik pada santri kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Mathla’ul Huda Kab. Bandung. Artinya semakin rendah dukungan sosial orang tua yang dirasakan santri, maka semakin buruk penyesuaian akademiknya. en_US
dc.publisher Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject santri, dukungan sosial orang tua, penyesuaian akademik en_US
dc.title Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Penyesuaian Akademik Pada Santri Kelas Xi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Mathla’ul Huda Kab. Bandung en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account