Abstract:
Strategi marketing memiliki peran penting dalam suatu perusahaan ketika
menjalankan bisnis. Dua tokoh ahli strategi marketing yaitu Philip Kotler dan
Muhammad Syakir Sula memiliki pandangan tentang strategi marketing. Salah satu
lembaga yang menjalankan strategi marketing yaitu Rumah Zakat. Rumah Zakat
merumuskan suatu produk superqurban sebagai bentuk tindakan diferensiasi dalam
strategi marketing. Produk superqurban adalah program optimalisasi pelaksanaan
ibadah qurban dengan mengolah dan mengemas daging qurban menjadi kornet
(kornetisasi). Upaya diferensiasi produk dalam pengelolaan qurban berhasil
terealisasi dengan munculnya produk Superqurban sebagai produk andalan Rumah
Zakat (RZ) sampai saat ini. Berdasarkan latar belakang masalah dan tujuan
penelitiannya adalah, 1) Strategi marketing menurut Philip Kotler dan Muhammad
Syakir Sula. 2) Pelaksanaan diferensiasi produk pada Superqurban di Rumah Zakat
(RZ) Cabang Turangga Bandung. 3) Analisis strategi marketing menurut Philip
Kotler dan Muhammad Syakir Sula terhadap diferensiasi produk pada Superqurban
di Rumah Zakat (RZ) Cabang Turangga Bandung.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Dengan menggunakan sumber data antara lain data primer dan data sekunder.
Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi
dan studi kepustakaan serta teknik analisa data menggunakan metode analisa
kualitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi marketing menurut Philip
Kotler adalah logika pemasaran yang digunakan oleh perusahaan dengan harapan
agar unit bisnis dapat mencapai tujuan perusahaan. Menurut Muhammad Syakir
Sula adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada
tujuan jangka panjang keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsipprinsip
dalam Islam. Pelaksanaan diferensiasi produk superqurban tersebut antara
lain dengan meluncurkan produk pengemasan daging ibadah qurban menjadi kornet
dalam kemasan kaleng. Strategi marketing menurut Philip Kotler dan Muhammad
Syakir Sula terhadap diferensiasi produk Superquban di Rumah Zakat (RZ) Cabang
Turangga Bandung, sejalan dengan pandangan diferensiasi produk Philip Kotler.
Adapun tambahan dalam strategi marketing menurut Muhammad Syakir Sula,
diferensiasi produk yang dilakukan oleh Rumah Zakat (RZ) merupakan bentuk
nyata dari penawaran inovasi baru dalam segi pengolahan qurban yang insyaallah
sesuai dengan syariah.