Abstract:
Corporate Social Responsibility (CSR) muncul karena adanya kepedulian
perusahaan terhadap lingkungan dan sosialnya, sebagai akibat dari explorasi yang
dilakukan perusahaan untuk meningkatkan produksinya karena pada saat sekarang
ini kebutuhan semen sangat tinggi, sedangkan Sumber Daya Alam (SDA) untuk
bahan baku pembuatan semen sangat terbatas, sehingga banyak terjadi kerusakan
lingkungan yang disebabkan dari aktivitas perusahaan tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui profitabilitas dan pengungkapan CSR pada
perusahaan manufaktur sub sektor semen tahun 2012-2014 yang listing di BEI
dan untuk mengetahui pengaruh ROA, ROE, dan NPM terhadap Pengungkapan
CSR.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif dan metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik dokumentasi. Teknik
dokumentasi yaitu pengumpulan data dengan cara mencatat data yang
berhubungan dengan masalah yang akan diteliti dari dokumen-dokumen yang
dimiliki perusahaan dengan membuka dan mendownload website dari objek yang
diteliti, adapun situs yang digunakan adalah yang terdapat di Bursa Efek
Indonesia (BEI) yaitu www.idx.co.id.
Hasil penelitian menemukan bukti bahwa profitabilitas berpengaruh
signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).
Pengungkapan CSR rata-rata pada industri semen selama tahun 2012-2014 adalah
sebesar 42 dari 79 item yang telah disajikan oleh perusahaan dalam Annual report.
Profitabilitas dengan proksi ROA dan ROE secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap pengungkapan CSR, sedangkan profitabilitas dengan proksi NPM secara
parsial berpengaruh negatif terhadap pengungkapan CSR