Abstract:
Semakin banyaknya penggunaan smartphone di kalangan remaja saat ini,
dengan banyaknya sosial media yang muncul sehingga tidak bisa dipungkiri
keberadaan smartphone semakin diminati karena dengan penggunaan smartphone
dapat mempermudah untuk mengakses sosial media tersebut. Salah satu smartphone
yang terkenal saat ini yaitu Iphone, yang memiliki harga yang tidak murah.
Maraknya penggunaan smartphone ikut dirasakan oleh kalangan pelajar SMA di Kota
Bandung.
Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif dengan pendekatan Interaksi
Simbolik. Penelitian ini lebih mengacu pada penganalisisan Status Sosial dalam
pertimbangan menggunakan Iphone, Lingkungan Sosial memaknai penggunaan
Iphone, serta pengambilan keputusan untuk membeli Iphone dalam membangun Citra
Diri Pelajar SMA Di Kota Bandung.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Interaksi Simbolik,
dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi
kepustakaan. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan juga triangulasi data dengan
teknik triangulasi sumber. Informan yang diteliti berjumlah empat orang pelajar kelas
10 di SMAN 8 Kota Bandung yang menggunakan Iphone dan juga satu orang
informan tambahan yaitu guru dan wali kelas di SMAN 8 Kota Bandung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Status sosial memiliki peranan penting
dalam membuat seseorang pada akhirnya memutuskan untuk menggunakan Iphone.
Status Sosial pelajar pengguna Iphone yaitu di ekonomi kelas atas. Lingkungan Sosial
dari responden berbendapat bahwa dengan menggunakan Iphone merupakan suatu
tindakan yang konsumif. Citra diri saat seseorang menggunakan Iphone akan terlihat
lebih elegan dan juga exclusif karena brand dari Apple.