Universitas Islam Bandung Repository

Representasi Pola Komunikasi Masa Kini Dalam Film “Ada Apa Dengan Cinta? 2014”

Show simple item record

dc.contributor.author Ambari, Nurwanto
dc.date.accessioned 2017-11-08T07:22:14Z
dc.date.available 2017-11-08T07:22:14Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12484
dc.description.abstract Dewasa ini instan messaging telah menjadi media komunikasi utama pilihan masyarakat sehari-harinya. Banyak sekali hal-hal aktual yang tak pernah terjadi sebelumnya, positif maupun negatif. Keadaan ini tergambar pada film “Ada Apa Dengan Cinta? 2014”. Maka dari itu penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Representasi Pola Komunikasi Masa Kini Dalam Film Ada Apa Dengan Cinta? 2014”’ Tujuan penelitian ini untuk mengetahui realitas, representasi, ideologi dan pola komunikasi masa kini dalam film “Ada Apa Dengan Cinta? 2014” menggunakan paradigma subjektif, jenis kualitatif dan metode semiotika John Fiske. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumenter, penelusuran data online dan studi kepustakaan. Dengan teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Hasil pengamatan yang diperoleh penulis dari penelitian ini bahwa sepanjang film “Ada Apa Dengan Cinta? 2014” tampak representasi penggunaan instan messaging sebagai media komunikasi masyarakat saat ini secara tersurat maupun tersirat. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa dalam film “Ada Apa Dengan Cinta? 2014” realitas pelaku pola komunikasi masa kini yaitu fashionable, dinamis, gemar hang out, menggenggam smartphone, terusik pesan instan dan hidup di kota metropolitan. Representasi memindahkan kenyataan pola komunikasi masa kini ke dalam film secara audio dan visual menciptakan situasi penonton terlibat dalam drama yang ada. Ideologi pola komunikasi masa kini muncul melalui life style, fashion, makanan, percakapan, benda, tempat, ekspresi dan lainnya dengan dominasi patriarki memposisikan wanita menunggu kontak, tertutup dan jaga image berinteraksi dengan pria. Pola komunikasi masa kini sangat kental dalam film, kehadiran teknologi baru merubah interaksi sosial lama secara positif dan negatif, segenap fitur instan messaging mempermudah komunikasi tanpa batas ruang dan waktu. en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Pola Komunikasi Masa Kini, Instan Messaging, Line, Semiotika John Fiske, Ada Apa Dengan Cinta? 2014 en_US
dc.title Representasi Pola Komunikasi Masa Kini Dalam Film “Ada Apa Dengan Cinta? 2014” en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account