dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Iqbal, Reza Muhammad |
|
dc.creator |
Imaniyati, Neni Sri |
|
dc.creator |
Nurhasanah, Neneng |
|
dc.date |
2017-08-10 |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/7375 |
|
dc.description |
Asuransi dewasa ini menjadi bisnis yang semakin diminati oleh masyarakat setelah bisnis perbankan, termasuk bisnis asuransi syariah. Saat ini terdapat 19 Unit Usaha Asuransi Syariah yang merupakan Unit Usaha Asuransi Konvensional. Dalam pemasarannya unit usaha asuransi syariah tersebut dilaksanakan oleh satu agen yang sama, sehingga terjadi percampuran pemasaran antara produk asuransi konvensional dan produk asuransi syariah. Contohnya tenaga pemasar (marketing) bisa orang yang sama, dalam arti satu orang memasarkan produk syariah sekaligus asuransi konvensional.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik pencampuran pemasaran produk asuransi konvensional dan produk asuransi syariah di perusahaan asuransi konvensional dan mengetahui tinjauan hukum islam dan hukum positif mengenai pencampuran pemasaran produk asuransi konvensional dan produk asuransi syariah.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan narasumber dari agensi dan nasabah PT AIA dan PT Allianz. Sumber data sekunder diperoleh dari studi literatur dan dokumentasi.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik pencampuran pemasaran asuransi konvensional dan asuransi syariah dilakukan oleh satu agen yang sama, dimana agen menjual produk asuransi konvensional dan asuransi syariah sekaligus. Dan pencampuran pemasaran produk asuransi konvensional dan asuransi syariah di PT AIA dan PT Allianz menurut hukum Islam adalah dilarang, sedangkan menurut hukum positif dibolehkan, tapi dianjurkan untuk dilakukan pemisahan. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Prosiding Hukum Ekonomi Syariah |
|
dc.publisher |
Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/7375/pdf |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2017 Proceedings of Finance & Islamic Banking |
|
dc.source |
Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 3, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2017); 589-593 |
|
dc.source |
Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 3, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2017); 589-593 |
|
dc.source |
2460-2159 |
|
dc.subject |
Keuangan & Perbankan Syariah |
|
dc.subject |
Pemasaran, Asuransi, Hukum Islam |
|
dc.title |
Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pencampuran dalam Pemasaran Produk Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah oleh Perusahaan Asuransi Konvensional |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
Kualitatif |
|