Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Perbandingan Return Saham Sebelum dan Sesudah Peristiwa Aksi Damai 411 dan 212 (Study Kasus Perusahaan yang Listing di Jakarta Islamic Index Sektor Barang Konsumsi)

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Ekaputri, Risda
dc.creator Azib, Azib
dc.creator Senjiati, Ifa Hanifia
dc.date 2017-08-05
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/6446
dc.description Keberadaan pasar modal tidak bisa lepas dari pengaruh lingkungan baik itu ligkungan ekonomi maupun non ekonomi seperti masalah politik dan sosial. Peristiwa Aksi Damai 411 dan 212 merupakan aksi bela islam yang disebabkan oleh pemilihan gubernur DKI Jakarta. Peristiwa Aksi Damai dapat mempengaruhi gejolak pasar modal. Setiap peristiwa yang diinformasikan kepda publik dalam bentuk pengumuman atau siaran langsung diberbagai media dapat membuat bursa saham semakin sensitif terhadap lingkungan di sekitarnya, baik berkaitan atau tidak berkaitan secara langsung. Berdasarkan uraian tersebut, point masalah yang dirumuskan dan ingin diketahui dalam penelitian ini adalah: Bagaimana perkembangan rata-rata return sahamsebelum peristiwa Aksi Damai 411 dan 212?Bagaimana perkembangan rata-rata return saham sesudah peristiwa Aksi Damai 411 dan 212?Apakah ada perbedaan terhadap rata-rata return sahamsebelum dan sesudah peristiwa Aksi Damai 411 dan 212?Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian komparatif, data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu data yang berupa laporan keuangan yang telah dipublikasikan oleh JII pada periode 04 November 2016 sampai 16 Desember 2016 (40 hari penelitian) dan untuk membantu mengolah data pada penelitian ini digunakan uji beda Paired Simpel t-test sebagai alat bantu dalam pengambilan kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa sebelum dan sesudah peristiwa Aksi Damai 411 dan 212 berlangsung ditemukan rata-rata return saham yang signifikan. Hal ini berarti sebelum dan sesudah peristiwa Aksi Damai 411 dan 212 terdapat kandungan informasi yang dianggap penting oleh investor. Sedangkan perbedaan rata-rata return saham sebelum dan sesudah 411 hasil penelitian menunjukan tidak adanya perbedaan rata-rata return saham sebelum dan sesudah peristiwa. Namun pada Aksi Damai 212 menunjukan adanya perbedaan rata-rata return saham sebelum dan sesudah peristiwa. Hal ini dikarenakan fluktuasi harga saham yang kurang stabil pada periode sesudah peristiwa,sehingga ditemukannya perbedaan rata-rata yang signifikan.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/6446/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 3, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2017); 347-352
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 3, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2017); 347-352
dc.source 2460-2159
dc.subject Keuangan dan Perbankan Syariah
dc.subject Return Saham Sebelum, Return Saham Sesudah Aksi Damai 411, Aksi Damai 212
dc.title Analisis Perbandingan Return Saham Sebelum dan Sesudah Peristiwa Aksi Damai 411 dan 212 (Study Kasus Perusahaan yang Listing di Jakarta Islamic Index Sektor Barang Konsumsi)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account