Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Konsep Ijarah terhadap Pengelolaan Usaha Angkutan Kota di Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Kurniawan, Muhamad ikhsan
dc.creator Nurhasanah, Neneng
dc.creator Fauziah, N Eva
dc.date 2017-08-09
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/7126
dc.description Usaha transportasi yang sudah lama dikenal masyarakat adalah usaha angkutan kota. Salah satunya terdapat di Kota Bandung.  Sistem usahanya dengan sistem setoran. Supir memberikan sejumlah setoran kepada pengusaha angkot sesuai yang diminta pemilik. Dari sisi hukum Islam, sistem setoran ini terindikasi gharar karena terdapat ketidakpastian dan ketidakjelasan dalam tansaksi antar pengemudi dengan pengusaha angkutan kota. Hal ini menarik untuk dikaji lebih dalam yang dilihat dari segi konsep ijarah.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep  Ijarah dalam pengelolaan usaha transportasi serupa dengan konsep sewa menyewa dimana pengemudi (supir) angkot harus membayar uang sewa angkot atas peminjaman kendaraan transporasi, Pengelolaan usaha angkutan kota di Kota Bandung didasarkan pada kesepakatan yang mirip dengan sewa menyewa dimana pengemudi harus menyetorkan sejumlah dana kepada pengusaha angkotan kota. Namun, Sopir  tidak memiliki hak penuh mengelola angkot yang disewanya karena pengusaha angkot sewaktu-waktu dapat mengambil mobil pada saat digunakan pengemudi dan mengambil hak sewa sesuai dengan waktu pengambilan mobil, dan ditinjau dari konsep ijarah terhadap pengelolaan usaha angkutan kota di Kota Bandung terdapat kesesuaian pada rukunnya dimana akidain (pelaku akad yaitu sopir dan pengusaha), barang dan harga yang disepakati, serta terdapat akad. Namun dari segi kejelasan akadnya perlu diperbaiki.Le Minerale merupakan produk air mineral yang juga merupakan produk baru setelah terdapat produk sejenis yang mendahuluinya di pasaran seperti Aqua, Ades, Vit, dan lain-lain. Produk air mineral dengan merek Le Minerale ini diproduksi oleh PT Mayora Indah Tbk yang mulai dipasarkan sejak tahun 2014. PT Mayora Indah Tbk memasang iklan di berbagai media massa dengan tujuan memperkenalkan Le Minerale agar dikenal masyarakat luas dan sekaligus untuk dapat meraih keuntungan sebanyak mungkin.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/7126/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 3, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2017); 506-510
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 3, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2017); 506-510
dc.source 2460-2159
dc.subject Keuangan & Perbankan Syariah
dc.subject Akad Ijarah, Usaha Angkutan Kota
dc.title Analisis Konsep Ijarah terhadap Pengelolaan Usaha Angkutan Kota di Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account