Description:
On The Job Training adalah proses secara sistematis mengubah tingkah laku pegawai untuk mencapai tujuan organisasi. Pelatihan-pelatihan yang memberikan karyawan pengetahuan dan keterampilan yang spesifik dan dapat diidentifikasi untuk digunakan dalam pekerjaan mereka saat ini. Bank BRI Syariah Bandung KC Citarum, sebagai kantor cabang yang berlokasi di tengah kota seharusnya bisa mempersiapkan para karyawannya dalam mengusai pengetahuan mereka tentang bank syariah secara maksimal khususnya customer service. Pada kenyataannya, customer service Bank BRI Syariah KC Citarum yang berhadapan langsung dengan nasabah yang datang untuk menanyakan beberapa informasi belum maksimal dalam memberikan pelayanan kepada nasabahnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan on the job training customer service di Bank BRI Syariah Bandung KC Citarum, bagaimana kinerja customer service di Bank BRI Syariah Bandung KC Citarum, dan bagaimana efektivitas On the Job Training terhadap kinerja pelayanan Customer Service Bank BRI Syariah Bandung KC Citarum dalam perspektif hukum Islam.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, untuk mengetahui seberapa besar efektivitas On the Job Training terhadap kinerja pelayanan Customer Service Bank BRI Syariah Bandung KC Citarum dalam perspektif hukum Islam.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pelaksanaan On the job training yang dilaksankan di BRI Syariah KC Citarum telah berjalan sesuai dengan metode OJT menurut Edy Sutrisno. Metode OJT yang dilaksanakan di Bank BRISyariah atau yang lebih dikenal dengan istilah Learning by Doing. Pelaksanaan kinerja customer service di Bank BRI Syariah KC Citarum telah sesuai dengan SOP yang berlaku dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Pengaruh OJT terhadap efektivitas kinerja customer service hanya mencapai angka 54,66% yang berarti cukup namun belum mencapai tingkat efektif sehingga diperlukan beberapa inovasi agar menjadi lebih baik.