Universitas Islam Bandung Repository

Efektivitas Metode Cordobana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Al-Qur’an (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X-E di SMA Sumatra 40 Bandung)

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Salae, Maroha
dc.creator Erhamwilda, Erhamwilda Erhamwilda
dc.creator Tsauri, Adang
dc.date 2017-08-09
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/7213
dc.description Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam. Umat Islam harus mampu membaca dan memahami kandungan Al-Qur’an. Kegiatan membaca Al-Qur’an dapat ditemukan dalam berbagai kegiatan dan dengan berbagai metode membaca Al-Qur’an. Salah satu metode yang berkembang saat ini adalah Metode Cordobana. Peneliti menggunakan di SMA Sumatra 40. Hal ini diharapkan agar siswa SMA tersebut bisa membaca dan mengkaji al-Qur’an. Adapun pertanyaan sebagai peneliti ingin dijawab (1). Bagaimana kondisi awal kemampuan siswa kelas X-E dalam membaca Al-Qur'an sebelum diberikan Metode Cordobana? (2). Bagaimana kondisi akhir kemampuan siswa kelas X-E dalam membaca al-Qur’an setelah diberikan Metode Cordobana? (3). Apakah penggunaan Metode Cordobana dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X-E dalam membaca Al-Qur’an? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi awal dan kondisi akhir kemampuan siswa kelas X-E dalam membaca al-Qur'an sebelum dan setelah  diberikan Metode Cordobana. Metode peneliti yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas dengan Colaboratif. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil penelitian yaitu: (1).Kondisi awal Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas guru mata pelajaran al-Qur’an menggunakan metode ceramah. (2) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak tiga siklus dan pelaksanaananya sesuai dengan perancanaan yang diwujudkan dalam bentuk (RPP) yang telah dirancang dan disusun oleh peneliti, dan Metode Cordobana selalau tercermin pada setiap siklus dalam Penlitian Tindakan kelas (PTK) ini. (3). Hasil pembelajaran membaca al-Qur’an dengan Metode Cordobana menunjukan peningkatan pada kemampuan membaca pada siswa.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/7213/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 207-211
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 207-211
dc.source 2460-6413
dc.subject
dc.subject Efektivitas belajar membaca Al-Qur’an.
dc.title Efektivitas Metode Cordobana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Al-Qur’an (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X-E di SMA Sumatra 40 Bandung)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account