Universitas Islam Bandung Repository

Pengelolaan Program Pendidikan Agama Islam Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Cianjur ( Studi Deskriptif pada Pesantren Terpadu At-Taubah )

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Rohman, Asep Dedi
dc.creator Asikin, Ikin
dc.creator Hayati, Fitroh
dc.date 2017-08-08
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6720
dc.description Lembaga pemasyarakatan kelas IIB Cianjur merupakan lembaga dibawah naungan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Kantor Wilayah Jawa Barat. Lembaga tersebut memiliki program unggulan yaitu pesantren terpadu at-Taubah lembaga pemasyarakatan kelas IIB Cianjur. Metode peneliti yang digunakan yaitu metode deskriptif. penelitian ini dilakukan di kelas A.1 pesantren terpadu at-Taubah lembaga pemasyarakatan kelas IIB Cianjur. Bedasarkan pengolahan data diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) perencanaan yang dilakukan oleh pembina PAI dibuat dalam dokumentasi yaitu kurikulum, jadwal pelajaran, daftar hadir narapidana, jadwal kegiatan narapidana, jadwal kultum shalat jum’at dan jadwal imam shalat. (2) pelaksanaan pembelajaran PAI yaitu pemberian materi diantaranya BTAQ, Tauhid, Fiqh, Akhlak, surat pendek, dan Tarikh dengan metode sorogan, ceramah, diskusi, dan praktek. (3) evaluasi pembelajaran berupa tes lisan ketika proses pembelajaran dan tes tulis dari hasil belajar melalui Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. (4) faktor pendukung pembelajaran petugas Lapas mendukung proses pembelajaran dengan menyediakan kelas, buku Iqra, papan tulis, spidol dan buku pelajaran lainya. faktor penghambat yaitu: masih minimnya sarana dan prasarana seperti, tidak adanya meja dan kursi mengakibatkan pembelajaran PAI secara lesehan sehingga tidak efektif bagi narapidana yang usia lanjut,  pengadaan air bersih yang terbatas untuk penunjang beribadah, dan sempitnya tempat wc mengakibatkan narapidana mengantri sehingga terlambat datang ke kelas.Hasil  penelitian dari angket yang disebarkan kepada 24 narapidana yaitu narapidana kelas A.1 50% setengahnya menyatakan setuju materi pembelajaran PAI membawa dampak positif bagi narapidana.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6720/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 120-127
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 120-127
dc.source 2460-6413
dc.subject
dc.subject pengelolaan, pendidikan agama islam, lembaga pemasyarakatan
dc.title Pengelolaan Program Pendidikan Agama Islam Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Cianjur ( Studi Deskriptif pada Pesantren Terpadu At-Taubah )
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type metode deskriptif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account