Universitas Islam Bandung Repository

Implikasi Konsep Manusia menurut Ibnu Khaldun dalam Kitab Muqaddimah Terhadap Sifat Pendidik

Show simple item record

dc.contributor Universitas Islam Bandung
dc.creator Nurani, Siti
dc.creator Asikin, Ikin
dc.creator Sobarna, Ayi
dc.date 2017-08-10
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/7721
dc.description Islam adalah agama sempurna yang meliputi seluruh aspek kehidupan. Sebagai agama yang universal, Islam turut menorehkan perhatiannya pada pendidikan dengan manusia sebagai makhluk sentralnya, sebab hanya manusia yang memiliki kecenderungan untuk dapat dididik dan dapat mendidik. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang seluruh komponennya membantu keberhasilan tercapainya tujuan pendidikan tersebut, yang salah satu komponen penentunya adalah pendidik. Dunia pendidikan saat ini tengah menghadapi tantangan terkait merosotnya figur guru terbaik. Ibnu Khaldun adalah salah seorang pemikir sosiologi muslim yang turut menorehkan karyanya di bidang pendidikan, melalui pemikirannya beliau banyak memberikan pendapatnya tentang manusia dan kaitannya dengan pendidikan.Tujuan penelitian ini difokuskan pada penarikan implikasi dari konsep tersebut terhadap rumusan sifat pendidik yang sesuai dengan cita-cita Islam sebagai salah satu komponen penunjang keberhasilan pendidikan sekaligus menjadi jawaban atas tantangan fenomena merosotnya figur pendidik yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik denganmenggunakan teknik penelitian book survey. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sifat pendidik yang dikemukakan Ibnu Khaldun adalah : 1. cerdas dalam keilmuan; 2. Mampu bersosial; 3. Berakhlak mulia; 4. Menyenangi hidup sehat; dan 5. Mencintai pekerjaannya. Adapun untuk implikasinya adalah seorang pendidik hendaklah memiliki kecakapan paedagogis, kecerdasan sosial, berakhlak mulia dan menyenangi perilaku hidup sehat.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/7721/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 281-287
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 281-287
dc.source 2460-6413
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Konsep, Manusia, Ibnu Khaldun, Sifat Pendidik.
dc.title Implikasi Konsep Manusia menurut Ibnu Khaldun dalam Kitab Muqaddimah Terhadap Sifat Pendidik
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type deskriptif analitik


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account