Description:
Sekolah Menengah Kejuruan Unggulan Terpadu PGII(SMK UT PGII) adalah lembaga yang berlandaskan Islam,Sekolah ini merupakan sekolah unggulan terpadu yang berciri khas Islam. Hal tersebut dapat dilihat dari Visi Misi sekolah : Visi dari SMK UT PGII BANDUNG adalah Menjadi SMK Unggulan Terpadu Islam dan bertaraf Internasional. Untuk mewujudkan Visi SMK UT PGII BANDUNG maka diperlukan Misi yaitu salah satunya adalah Melahirkan lulusan yang berkarakter unggul dan Islam. Salah satu indikatur diharapkan agar siswa SMK tersebut bisa membaca dan mengkaji al-Qur’an, Akan tetapi, pada saat ini siswa SMK masih ada yang belum bisa membaca al-Qur’an.Penulis menyusun rumusan masalah kedalam bentuk pertanyaan sebagai berikut: (1).Bagaimana kondisi awal kemampuan siswa kelas X dalam membaca al-Qur'an sebelum diberikan metoda Bil-Hikmah? (2).Bagaimana pelaksanaan metode Bil-Hikmah dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas X dalam membaca al-Qur’an?(3).Bagaimana hasil belajar siswa setelah adanya penggunaan metode Bil-Hikmah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an ?Metode peneliti yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakkan Kelas dengan pendekatan kualitatif. penelitian ini dilakukan di kelas X SMK UT PGII Bandung. Teknik penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi,tes dan studi dokumentasi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK UT PGII Bandung.Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil penelitian yaitu: (1).Kondisi awal sebelum Pelaksanaan Penelitian Tindakkan Kelas guru mata pelajaran al-Qur’an menggunakan metode ceramah.(2) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak tiga siklus dan pelaksanaannya sesuai dengan perencanaan yang diwujudkan dalam bentuk (RPP) yang telah dirancang dan disusun oleh peneliti, dan metode Bil-Hikmah selalu tercermin pada setiap siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini.(3).Hasil pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode Bil-Hikmah menunjukan peningkatan pada kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa dari hasil pretest 57% post test 75%.