Description:
Pembelajaran al-Qur'an ialah mengajarkan membaca al-Qur'an sesuai dengan kaidah tajwid dengan baik dan benar. Seiring dengan perkembangan zaman pembelajaran al-Qur'an dapat dilakukan dengan berbagi macam metode, salah satu metode yang digunakan adalah metode tilawati. Prinsip pengajaran al-Qur'an metode tilawati yaitu diajarkan secara praktis menggunakan lagu rost, diajarkan secara klasikal menggunakan peraga, diajarkan secara individual dengan tehnik baca simak menggunakan buku dan penataan kelas diatur dengan posisi duduk membentuk huruf "U". Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisisnnya menggunakan triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran al-Qur'an dengan metode tilawati di SD Ar-Rafi' Drajat dilakukan dengan di buat dalam bentuk tulisan yang jelas, sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangannya. Pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an dengan metode tilawati di SD Ar-Rafi' Drajat memberikan pengaruh perubahan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur'an. Evaluasi pembelajaran al-Qur'an dengan metode tilawati di SD Ar-Rafi' Drajat merupakan bentuk evaluasi yang dilakukan munaqisy untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca al-Qur'an dan naik atau tidaknya ke tingkat selanjutnya. Faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran al-Qur'an dengan metode tilawati dipengaruhi oleh teknis dan kondisi di lapangan, maupun kondisi guru dan siswa