Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Terhadap Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Sekolah Gratis (Studi Deskriptif di Madrasah Aliyah Karya Madani Cipeundeuy Bandung Barat )

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Azizah, Wulan Nurul
dc.creator Erhamwilda, Erhamwilda Erhamwilda
dc.creator Hayati, Fitroh
dc.date 2017-08-08
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/7012
dc.description Madrasah Aliyah Karya Madani merupakan salah satu sekolah gratis, dimana seluruh siswa tidak diwajibkan untuk membayar biaya pendidikan dengan harapan para siswa tetap bisa mengenyam pendidikan tanpa terhalang oleh biaya.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan faktor penghambat dan pendukung pembiayaan pendidikan sekolah gratis di Madrasah Aliyah Karya Madani. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan pembiayaan pendidikan di Madrasah Aliyah Karya Madani sama dengan perencanaan pembiayaan di sekolah lain yaitu mengacu pada RAPBS/M, kegiatan tetap berjalan meskipun tidak ada dana. Sumber pembiayaan Madrasah Aliyah Karya madani yaitu BOS, infak dari masyarakat dan bantuan siswa miskin untuk pribadi siswa. Strategi yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Karya Madani untuk mencari dana yaitu  mempromosikan madrasah lewat dakwah karena pembina yayasan merupakan seorang DAI. Pelaksanaan pembiayaan mengalir sesuai dengan prosedur yang berlaku, yaitu mengacu pada RAPBS/M. Evaluasi yang dilakukan berupa pengawasan yang dilakukan terhadap anggaran, sarana prasarana, kas dan rencana pendapatan dan pengeluaran. Pewangasan dilakukan pada awal tahun ajaran, saat kegiatan berlangsung dan akhir tahun ajaran. Faktor penghambat pembiayaan ketika dana BOS belum turun. Faktor pendukung pembiayaan yaitu yayasan selalu mendukung dalam pembiayaan, adanya dana BOS dan infak dari masyarakat.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/7012/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 175-181
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 175-181
dc.source 2460-6413
dc.subject
dc.subject pembiayaan pendidikan, sekolah gratis
dc.title Analisis Terhadap Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Sekolah Gratis (Studi Deskriptif di Madrasah Aliyah Karya Madani Cipeundeuy Bandung Barat )
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type deskriptif kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account