Universitas Islam Bandung Repository

Pengelolaan Program Lima Pilar Pengamalan Nilai-Nilai Agama dan Budaya Bangsa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 7 Bandung.

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Rizal, Muhammad Yogi
dc.date 2017-08-11
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/8468
dc.description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan program lima pilar pengamalan nilai-nilai agama dan budaya bangsa di SMKN 7 bandung. (2) pelaksanaan program lima pilar pengamalan nilai-nilai agama dan budaya bangsa di SMKN 7 bandung. (3) pengawasan program lima pilar pengamalan nilai-nilai agama dan budaya bangsa di SMKN 7 bandung. (4) faktor- faktor pendukung dan penghambat program lima pilar pengamalan nilai-nilai agama dan budaya bangsa di SMKN 7 bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Penelitian dilaksanakan di SMKN 7 Bandung. teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi sebagai berikut: (1) perencanaan program lima pilar pengamalan nilai-nilai agama dan budaya bangsa di SMKN 7 bandung dilakukan dengan merencanakan konten program yang mencangkup tujuan program,sarana dan prasarana, personil dan perencanaan pembiayaan. Keempat komponen tersebut direncanakan dengan menganalisis masing-masing kebutuhan dengan musyawarah oleh kepala sekolah dengan melibatkan Waka Bid. Kesiswaan dan guru bidang Agama. (2) pelaksanaan kegiatan pengorganisasian dan pengarahan dalam program lima pilar pengamalan nilai-nilai agama dan budaya bangsa di SMKN 7 bandung ditinjau dari tahap perencanaan, diantaranya meliputi kegiatan yang dilaksanakan di dalam kelas atau di luar kelas dan kegiatan harian maupun bulanan. (3) saat ini, pengawasan yang dilakukan pada program lima pilar pengamalan nilai-nilai agama dan budaya bangsa di SMKN 7 bandung masih di lakukan oleh kepala sekolah secara langsung dikarenakan belum adanya struktur organisasi yang focus pada program ini. (4) faktor-faktor pendukung dan penghambat untuk program ini banyak terdapat pada internal sekolah diantaranya guru dan murid. Saran untuk peneliti selanjtnya agar lebih memperdalam lagi penelitian dalam bidang ini.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/8468/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 316-322
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 316-322
dc.source 2460-6413
dc.subject
dc.subject Pengelolaan, Nilai-Nilai Agama, Budaya Bangsa
dc.title Pengelolaan Program Lima Pilar Pengamalan Nilai-Nilai Agama dan Budaya Bangsa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 7 Bandung.
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account