Universitas Islam Bandung Repository

Peningkatan Kemampuan Berbahasa (Keaksaraan) mengenal Huruf Menggunakan Permainan Kartu Huruf pada Anak Kelompok B PAUD TAMAN CERIA Gg. Banceuy Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor PAUD TAMAN CERIA
dc.creator Harumi, Arum
dc.creator Marhun, Masnipal
dc.creator Sobarna, Ayi
dc.date 2017-08-11
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/8605
dc.description Penelitian ini di latarbelakangi oleh siswa di kelompok B Paud Taman Ceria yang mengalami masalah dalam membaca kata , bahwa beberapa huruf yang masih sering salah dibacanya, masih ada yang keliru membaca dengan huruf yang bentuknya hampir sama. Kondisi ini menuntut guru untuk berkreasi mengembangkan suasana belajar di dalam kelas agar tetap menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa (keaksaraan) mengenal huruf menggunakan permainan kartu huruf pada anak kelompok B Paud Taman Ceria Gg. Banceuy Kota Bandung. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan selama 3 siklus. Subjek penelitian siswa kelompok B Paud taman Ceria yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi secara langsung dan catatan lapang. Hasil penelitian ini diketahui bahwa 1) kemampuan berbahasa (keaksaraan) dalam mengenal huruf siswa kelompok B Paud Taman Ceria dapat meningkatkan melalui permainan kartu huruf, 2) terjadi peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus I adanya sedikit peningkatan yang terlihat, pada siklus II peningkatan sudah terlihat dengan jelas, siswa sebagian besar siswa mulai bekembang pada siklus III peningkatan sudah sangat terlihat sebagian besar siswa sudah berkembang sesuai harapan, meskipun masih ada siswa yang mulai berkembang, 3) terjadinya peningkatan dalam kemampuan berbahasa (keaksaraan) melalui perlakuan strategis dan skenario secara tersusun. 4) guru memberikan contoh ketika akan melaksanakan permainan, 5) adanya pada setiap permainan harus adanya reward kepada setiap siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian, pengenalan kartu huru dengan menggunakan permainan kartu huruf dapat meningkatkan keaksaraan siswa kelompok B Paud Taman Ceria, terjadinya peningkatan dalam kemampuan berbahasa (keaksaraan) melalui permainan kartu huruf dengan mengikuti perlakuan strategis dan skenario secara tersusun. Implikasi dari penelitian ini bahwa permainan kartu huruf dapat menjadi salah satu media untuk mengembangkan kemampuan berbahasa terutama keaksaraan dan membantu guru dalam menerangkan keaksaraan pada setiap siswa dengan cara yang menyenangkan
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/8605/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 3, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2017); 14-18
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 3, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2017); 14-18
dc.source 2460-6421
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Permainan, Kartu Huruf, Keaksaraan
dc.title Peningkatan Kemampuan Berbahasa (Keaksaraan) mengenal Huruf Menggunakan Permainan Kartu Huruf pada Anak Kelompok B PAUD TAMAN CERIA Gg. Banceuy Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account