| dc.contributor | Paud Taman Ceria |  | 
| dc.creator | Yuniastiti, Tipuk |  | 
| dc.creator | Rasyid, Mujahid |  | 
| dc.creator | Afrianti, Nurul |  | 
| dc.date | 2017-08-14 |  | 
| dc.identifier | http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/8618 |  | 
| dc.description | Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan berempati anak yang ditunjukkan oleh kurangnya sikap menolong, berbagi dan saling memaafkan diantara teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berempati pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bercerita. Apakah penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berempati pada anak. Subjek penelitian adalah anak kelompok usia 4-5 sebanyak 9 anak di Paud Taman Ceria kelurahan Braga kecamatan Sumur Bandung kota Bandung. Penelitian dengan judul Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berempati Anak Usia 4-5 Tahun ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus dengan masing-masing siklus terdapat 4 tahapan yaitu: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Hasil observasi yang dilakukan setelah dilakukan tindakan kelas sebanyak 3 siklus menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berempati. Pada kondisi awal persentase kemampuan berempati anak sebesar 39,5 %. Setelah dilakukan tindakan secara bertahap mulai siklus I, II dan III mengalami peningkatan setiap siklusnya. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 meningkat menjadi 64,2%, setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 84,4% dan setelah tindakan siklus III meningkat lagi menjadi 91,4%.  Hasil belajar tersebut membuktikan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berempati pada anak usia 4-5 tahun di Paud Taman Ceria Bandung. |  | 
| dc.format | application/pdf |  | 
| dc.language | ind |  | 
| dc.publisher | Universitas islam Bandung |  | 
| dc.relation | http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/8618/pdf |  | 
| dc.rights | Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Guru PAUD |  | 
| dc.source | Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 3, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2017); 54-61 |  | 
| dc.source | Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 3, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2017); 54-61 |  | 
| dc.source | 2460-6421 |  | 
| dc.subject | Pendidikan Guru PAUD |  | 
| dc.subject | anak usia dini, metode bercerita, kemampuan berempati |  | 
| dc.title | Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berempati  Anak Usia 4-5 Tahun di Paud Taman Ceria Bandung |  | 
| dc.type | info:eu-repo/semantics/article |  | 
| dc.type | info:eu-repo/semantics/publishedVersion |  | 
| dc.type | Peer-reviewed Article |  | 
| dc.type | Kualitatif |  |