Universitas Islam Bandung Repository

Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berempati Anak Usia 4-5 Tahun di Paud Taman Ceria Bandung

Show simple item record

dc.contributor Paud Taman Ceria
dc.creator Yuniastiti, Tipuk
dc.creator Rasyid, Mujahid
dc.creator Afrianti, Nurul
dc.date 2017-08-14
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/8618
dc.description Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan berempati anak yang ditunjukkan oleh kurangnya sikap menolong, berbagi dan saling memaafkan diantara teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berempati pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bercerita. Apakah penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berempati pada anak. Subjek penelitian adalah anak kelompok usia 4-5 sebanyak 9 anak di Paud Taman Ceria kelurahan Braga kecamatan Sumur Bandung kota Bandung. Penelitian dengan judul Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berempati Anak Usia 4-5 Tahun ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus dengan masing-masing siklus terdapat 4 tahapan yaitu: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Hasil observasi yang dilakukan setelah dilakukan tindakan kelas sebanyak 3 siklus menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berempati. Pada kondisi awal persentase kemampuan berempati anak sebesar 39,5 %. Setelah dilakukan tindakan secara bertahap mulai siklus I, II dan III mengalami peningkatan setiap siklusnya. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 meningkat menjadi 64,2%, setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 84,4% dan setelah tindakan siklus III meningkat lagi menjadi 91,4%.  Hasil belajar tersebut membuktikan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berempati pada anak usia 4-5 tahun di Paud Taman Ceria Bandung.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/8618/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 3, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2017); 54-61
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 3, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2017); 54-61
dc.source 2460-6421
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject anak usia dini, metode bercerita, kemampuan berempati
dc.title Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berempati Anak Usia 4-5 Tahun di Paud Taman Ceria Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account