Universitas Islam Bandung Repository

Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Kartu angka Pada Anak Kelompok A (usia 4-5 tahun) di Kober Taman Ceria, Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Dhiniah, Vitri
dc.creator Nuroni, Enoh
dc.creator S, Asep Dudi
dc.date 2017-08-14
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/8623
dc.description Permainan berhitung di TK tidak hanya terkait dengan kemampuan kognitif saja, tetapi juga kesiapan mental, social dan emosional anak. Dalam pelaksanaannya, harus dilakukan secara menarik, bervariasi dan menyenangkan. Berhitung permulaan sangat penting untuk anak usia dini, karena kemampuan berhitung anak usia dini berlanjut sampai anak dewasa, di Kober Taman Ceria rendahnya minat berhitung permulaan anak usia dini sehingga perlu dilakukan metode bermain kartu angka menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan. Untuk melihat sejauh mana metode ini berhasil meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung permulaan dilakukan penelian tindakan kelas (PTK) sehingga setiap siklus yang dilalui dapat menunjukkan sejauh mana tingkat keberhasilan dari kemampuan berhitung di Kober Taman Ceria dari 13 orang anak hanya 7 orang anak yang kemampuan berhitung permulaan belum berkembang, hanya 3 orang anak yang kemampuan berhitung permulaan sudah berkembang sehingga diperlukan metode yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan. Orang tua dan guru harus memberikan aktivitas anak, dalam meningkatkan pembelajaran yang berkaitan dengan perkembangan fisik motorik, bahasa, seni, dan kognitif, serta kecerdasannya, apabila semua kemampuan tersebut diberikan rangsangan pendidikan secara seimbang, maka aspek fisik motorik, bahasa, seni dan kognitif berkembang selaras, perkembangan anak didik pada setiap aspek memiliki tingkat dan kecerdasan yang berbeda, maka sudah selayaknya guru memberikan kesempatan dan waktu untuk masing-masing anak. Berhitung diperlukan untuk menumbuh kembangkan keterampilan berhitung anak usia dini, yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari,terutama konsep bilangan yang merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan matematika maupun kesiapan untuk mengikuti pendidikan dasar permainan kartu angka dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menstimulus pembelajaran tentang konsep matematika berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun sehingga anak lebih tertarik dalam memahami konsep bilangan angka
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/8623/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 3, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2017); 74-79
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 3, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2017); 74-79
dc.source 2460-6421
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Berhitung, Permulaan, Usia, Kartu Angka
dc.title Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Kartu angka Pada Anak Kelompok A (usia 4-5 tahun) di Kober Taman Ceria, Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account