Description:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berkembangnya keterampilan berbicara anak usia dini dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, kurangnya kemampuan mengungkapkan gagasan atau ide serta pendapat kepada orang lain dan menyimak perkataan orang lain. Tujuan Penelitian ini untuk menambah wawasan dan pembendaharaan kata anak usia dini sampai dimana perkembangan anak dalam mengolah kata dan mengembangkan kosa kata melalui Metode Penelitian Tindakan Kelas. Di dalam pelaksanaannya, mengunakan empat tahapan yang berdaur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang di ulang melalui berapa siklus, Dari hasil penelitian siklus I ada 6 orang anak yang belum mampu menyebutkan gambar, anak yang belum mampu menyimak perkataan orang lain yang perencanaan kegiatannya di kondisikan dengan tema kegiatan harian. Di siklus II dengan sub tema yang berbeda ternyata mengalami perubahan dan peningkatan seperti anak sudah mampu menyebutkan nama gambar, anak sudah mampu menceritakan cerita yang diceritakan oleh guru dan anak sudah mampu menyimak perkataan orang lain. Terlihat dari hasil belajar dari siklus I sebesar 75% yang tergolong sedang dan siklus II sebesar 98% yang tergolong tinggi jadi ada perubahan peningkatan dalam kemampuan bahasa anak. Dan Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran celemek lebih efektif dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini terlihat dari hasil observasi di kelompok A TK Taman Gembira. Pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran celemek diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berbicara yang berdampak positif dan memberi manfaat bagi semua pihak, baik guru, sekolah dan masyarakat.