Universitas Islam Bandung Repository

Formulasi Sediaan Daging Tabur Tergranulasi sebagai Sumber Protein Alternatif yang Mengandung Cacing Tanah (Lumbricus rubellus Hoffmeister)

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Prasetyo, Indra
dc.creator Darma, Gita Cahya Eka
dc.creator Kodir, Reza Abdul
dc.date 2017-08-10
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/8181
dc.description Protein dalam makanan manusia sangatlah penting. Saat ini, kebutuhan protein secara keseluruhan sangat meningkat, karena itu perlu dicari sumber protein lain untuk menambah produksi pangan dunia dengan biaya produksi yang lebih sedikit dan lebih ramah lingkungan. Sumber protein yang digunakan pada penelitian ini adalah cacing tanah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan metode dan formulasi yang tepat dalam pembuatan cacing tanah menjadi granul dengan rasa yang diterima masyarakat. Ada 2 metode pembuatan tepung cacing tanah. Pertama, cara pendinginan yaitu menyimpan cacing tanah dalam lemari pendingin (±4°C) selama 12 jam, di-oven (60°-70°C) selama 30 menit. Kedua, cara perebusan yaitu direbus menggunakan aquadest (60°-70°C) selama 15 menit, di-oven (60°-70°C) selama 30 menit. Selanjutnya dilakukan perbandingan kadar protein total menggunakan metode Kjeldahl untuk menentukan metode pembuatan tepung cacing tanah yang paling baik. Optimasi granul dilakukan dengan 2 jenis pengikat dengan konsentrasi berbeda. Dari pengujian diperoleh formula terbaik adalah yang menggunakan pengikat amilum 5%. Lalu dilakukan orientasi perisa untuk menutupi rasa dan bau dari cacing tanah dan evaluasi perisa yang dilakukan berupa uji organoleptis dan uij hedonik. Pada tahap terakhir dilakukan pengujian kadar protein untuk memastikan kadar protein dalam formula. Kadar protein yang diperoleh dari formula akhir adalah 30,8%.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/8181/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Farmasi
dc.source Prosiding Farmasi; Vol 3, No 2, Prosiding Farmasi (Agustus, 2017); 664-672
dc.source Prosiding Farmasi; Vol 3, No 2, Prosiding Farmasi (Agustus, 2017); 664-672
dc.source 2460-6472
dc.subject Farmasi
dc.subject Cacing tanah, tepung cacing tanah, protein, sumber protein, protein alternatif, granul, cacing tanah tergranulasi.
dc.title Formulasi Sediaan Daging Tabur Tergranulasi sebagai Sumber Protein Alternatif yang Mengandung Cacing Tanah (Lumbricus rubellus Hoffmeister)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account