Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Relationship Quality terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Siswa di BRI Syariah Kantor Kas UNISBA

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.contributor
dc.creator Dewi, Santi Yurike
dc.creator Tresnati, Ratih
dc.creator Bayuni, Eva Misfah
dc.date 2018-01-16
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/8733
dc.description Abstract. Customer loyalty has become a dream for every company, as well as for banking companies. For banking companies, customers are everything. Bank BRI Syariah UNISBA Cash Office is located at campus environment which most of its customers are students and lecturers of UNISBA, this is due to the cooperation made by both. Regardless of that not always the students are at UNISBA, one of the ways done by Bank BRI Syariah Cash Office of UNISBA their effort to maintain customer loyalty is by maintaining good relationship quality (relationship quality) with every customer. Based on the description, the problem points formulated in this research are: How is the implementation of relationship quality in BRI Syariah Cash Office of UNISBA? How is the customer loyalty of student savings in BRI Syariah Cash Unit of UNISBA? What is the effect of relationship quality on customer loyalty of student savings at BRI Syariah UNISBA Cash Office? The research method used in this research is descriptive analysis with quantitative approach using SPSS software version 22.0. The techniques used to collect the data are questionnaires, interviews, and literature studies. The results shown that: First, the implementation of relationship quality in BRI Syariah KK UNISBA is considered good with 5777 continuum score with score percentage of 82% of total score 1400 - 7000. Second, customer savings loyalty in Bank BRI Syariah KK UNISBA considered good with the continuum score of 1718 with the percentage score of 86% of the total score of 400 - 2000. Third, the variable X (relationship quality) significant effect on variable Y (customer loyalty). With significance value <0,05 (0,000 <0,05), can be concluded that the variable X (relationship quality) effect on variable Y (customer loyalty) with R Square value is 0,380 or 38%. It shows that the influence of relationship quality to customer loyalty of student saving is 38%. This means that even if significant, the influence is weak.Keywords: Relationship Quality, Costumer Loyalty Abstrak. Loyalitas pelanggan telah menjadi salah satu impian bagi setiap perusahaan, begitu pula bagi perusahaan perbankan. Bagi perusahaan perbankan, nasabah adalah segalanya. Bank BRI Syariah Kantor Kas UNISBA yang bertempat di lingkungan kampus sebagian besar nasabahnya adalah mahasiswa dan dosen UNISBA, hal ini dikarenakan kerjasama yang dilakukan oleh keduanya. Namun terlepas dari itu tidak selamanya mahasiswa berada di UNISBA, salah satu cara yang dilakukan oleh Bank BRI Syariah Kantor Kas UNISBA dalam usaha mempertahankan loyalitas nasabahnya adalah dengan tetap menjaga kualitas hubungan (relationship quality) yang baik dengan setiap nasabah. Berdasarkan uraian tersebut, poin masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan relationship quality  di BRI Syariah Kantor Kas UNISBA? Bagaimana loyalitas nasabah tabungan siswa di BRI Syariah Kantor Kas UNISBA? Bagaimana pengaruh relationship quality terhadap loyalitas nasabah tabungan siswa di BRI Syariah Kantor Kas UNISBA? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan software SPSS versi 22.0. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan relationship quality di BRI Syariah KK UNISBA dinilai baik dengan skor kontinum sebesar 5777 dengan persentase skor sebesar 82% dari total skor 1400 – 7000. Kedua, loyalitas nasabah tabungan siswa di Bank BRI Syariah KK UNISBA dinilai baik dengan skor kontinum sebesar 1718 dengan persentase skor sebesar 86% dari total skor 400 – 2000. Ketiga, variabel X (relationship quality) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (loyalitas nasabah). Dengan nilai signifikansi <0,05 (0,000<0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X (relationship quality) berpengaruh terhadap variabel Y (loyalitas nasabah) dengan nilai R Square adalah 0,380 atau 38%. Menunjukkan bahwa besarnya pengaruh relationship quality terhadap loyalitas nasabah  tabungan siswa sebesar 38%. Hal ini berarti meskipun signifikan namun pengaruh yang diberikan lemah.Kata Kunci: Relationship Quality, Loyalitas Nasabah
dc.description Loyalitas pelanggan telah menjadi salah satu impian bagi setiap perusahaan, begitu pula bagi perusahaan perbankan. Bagi perusahaan perbankan, nasabah adalah segalanya. Bank BRI Syariah Kantor Kas UNISBA yang bertempat di lingkungan kampus sebagian besar nasabahnya adalah mahasiswa dan dosen UNISBA, hal ini dikarenakan kerjasama yang dilakukan oleh keduanya. Namun terlepas dari itu tidak selamanya mahasiswa berada di UNISBA, salah satu cara yang dilakukan oleh Bank BRI Syariah Kantor Kas UNISBA dalam usaha mempertahankan loyalitas nasabahnya adalah dengan tetap menjaga kualitas hubungan (relationship quality) yang baik dengan setiap nasabah. Berdasarkan uraian tersebut, poin masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan relationship quality  di BRI Syariah Kantor Kas UNISBA? Bagaimana loyalitas nasabah tabungan siswa di BRI Syariah Kantor Kas UNISBA? Bagaimana pengaruh relationship quality terhadap loyalitas nasabah tabungan siswa di BRI Syariah Kantor Kas UNISBA? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan software SPSS versi 22.0. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan relationship quality di BRI Syariah KK UNISBA dinilai baik dengan skor kontinum sebesar 5777 dengan persentase skor sebesar 82% dari total skor 1400 – 7000. Kedua, loyalitas nasabah tabungan siswa di Bank BRI Syariah KK UNISBA dinilai baik dengan skor kontinum sebesar 1718 dengan persentase skor sebesar 86% dari total skor 400 – 2000. Ketiga, variabel X (relationship quality) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (loyalitas nasabah). Dengan nilai signifikansi <0,05 (0,000<0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X (relationship quality) berpengaruh terhadap variabel Y (loyalitas nasabah) dengan nilai R Square adalah 0,380 atau 38%. Menunjukkan bahwa besarnya pengaruh relationship quality terhadap loyalitas nasabah  tabungan siswa sebesar 38%. Hal ini berarti meskipun signifikan namun pengaruh yang diberikan lemah.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/8733/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 4, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2018); 34-39
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 4, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2018); 34-39
dc.source 2460-2159
dc.subject Keuangan dan Perbankan Syariah
dc.subject Relationship Quality, Loyalitas Nasabah
dc.subject
dc.subject Relationship Quality, Loyalitas Nasabah
dc.title Pengaruh Relationship Quality terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Siswa di BRI Syariah Kantor Kas UNISBA
dc.title PENGARUH RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN SISWA DI BRI SYARIAH KANTOR KAS UNISBA
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account