Universitas Islam Bandung Repository

Telaah Pelaksanaan Pembelajaran Materi Tajwid melalui Strategi Mnemonik

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.contributor
dc.creator Tamim, Tamim
dc.creator Sobarna, Ayi
dc.creator Tsaury, Adang M.
dc.date 2018-08-08
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/12327
dc.description Abstract. Students’ understanding on tajwid material begins with remembering the tajwid material. A constraint is in memorizing the group of hijaiayah letters based on the tajwid rule. The reason is because the group of letters has no regular order or rank. Thus, it needs a method that makes it easier for students to group the letter. With the easiness, the students will also find it easier to comprehend the tajwid material. An alternative for solving the problem is by using a mnemonic strategy. The present research was an attempt to enhance the competence of students in understanding tajwid material. The research was conducted to the grade-VII students of Bandung Babussalam SMP (Junior High School) Plus. It was conducted by using a classroom Action Research. It consisted of three cycles. Each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection activities. The conclusion that could be drawn was that using a mnemonic strategy can improve students’ understanding on tajwid material in Al Quran course in SMP Plus Babussalam Bandung.Keywords: Tajwid material, Mnemonic Strategy, Tajwid  and Mnemonic strategy.Abstrak. Pemahaman siswa terhadap  materi tajwid diwali dengan mengingat materi tajwid. Adapun  kendalanya yakni menghafal kelompok huruf hijaiayah berdasarkan ketentuan hukum tajwid tersebut. Penyebabnya, kelompok-kelompok huruf tersebut tidak memiliki urutan yang beraturan. Dengan demikian, diperlukan metode yang memudahkan siswa agar mengelompokkan huruf-huruf tersebut. Dengan kemudahan tersebut, para siswa mengalami kemudahan pula untuk memahami materi tajwid tersebut. Alternatif  pemecahan masalahnya adalah dengan menggunakan strategi mnemonik. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan para siswa memahami materi tajwid. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII SMP Plus Babussalam Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian  ini terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Simpulan  yang dapat diambil adalah bahwa penggunaan strategi mnemonik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tajwid dalam  mata pelajaran Al Qurán di SMP Plus Babusalam Bandung.Kata Kunci: Materi Tajwid, Strategi Mnemonik, Tajwid Strategi Mnemonik.
dc.description Pemahaman siswa terhadap  materi tajwid diwali dengan mengingat materi tajwid. Adapun  kendalanya yakni menghafal kelompok huruf hijaiayah berdasarkan ketentuan hukum tajwid tersebut. Penyebabnya, kelompok-kelompok huruf tersebut tidak memiliki urutan yang beraturan. Dengan demikian, diperlukan metode yang memudahkan siswa agar mengelompokkan huruf-huruf tersebut. Dengan kemudahan tersebut, para siswa mengalami kemudahan pula untuk memahami materi tajwid tersebut. Alternatif  pemecahan masalahnya adalah dengan menggunakan strategi mnemonik. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan para siswa memahami materi tajwid. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII SMP Plus Babussalam Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian  ini terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Simpulan  yang dapat diambil adalah bahwa penggunaan strategi mnemonik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tajwid dalam  mata pelajaran Al Qurán di SMP Plus Babusalam Bandung.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/12327/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/downloadSuppFile/12327/2588
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/downloadSuppFile/12327/2589
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 4, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2018); 237-243
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 4, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2018); 237-243
dc.source 2460-6413
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Materi Tajwid, Strategi Mnemonik, Tajwid Strategi Mnemonik
dc.subject
dc.subject Materi Tajwid, Strategi Mnemonik, Tajwid Strategi Mnemonik.
dc.title Telaah Pelaksanaan Pembelajaran Materi Tajwid melalui Strategi Mnemonik
dc.title Telaah Pelaksanaan Pembelajaran Materi Tajwid Melalui Strategi Mnemonik
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account