Universitas Islam Bandung Repository

Pengelolaan Metode Huffazh dalam Program Tahfizh Quran di SMA Darul Falah Cihampelas Bandung Barat

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyyah dan Keguruan
dc.contributor
dc.creator Sabil, Muhammad Ibnu
dc.creator Saepudin, Aep
dc.creator Hayati, Fitroh
dc.date 2018-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/9692
dc.description Abstract. Every Muslim is obliged to know and understand the Qur'an by studying it seriously. Then from some Muslims are obliged to maintain the purity of the Qur'an. One way to reach the level of understanding and preserve the Qur'an's dignity is by memorizing the Koran, by memorizing it, the Muslim can know, understand, and keep the Qur'an's purity perfectly. one easy way to memorize al-quran is to use the method, The method used is huffazh is the method of memorizing with colored Quran. and is used so that students are easier to memorize. The method used in this research is descriptive with qualitative approach. The technique of this research is by interview technique, observation and documentation study as supporting data of research. The result of this research is knowing the process of planning, implementation, evaluation and supporting factor and inhibiting program tahfizh Al-Quran in Senior High School Darul FalahKeywords:Tahfizh Qur'an, Planning, Implementation, Evaluation, Huffaz Method. Abstrak.Setiap muslim berkewajiban untuk mengenal dan memahami Al-Quran dengan jalan mempelajarinya secara sungguh-sungguh. Kemudian dari sebagian muslim tersebut wajib untuk menjaga kemurnian Al-Quran. Salah satu cara untuk mencapai tingkat pemahaman dan menjaga kemurniaan Al-Quran adalah dengan Menghafal Al-Quran. Dengan menghafal, muslim tersebut dapat mengenal, memahami, dan menjaga kemurniaan Al-Quran secara sempurna. Salah satu cara mudah untuk menghafal Al-Quran adalah dengan menggunakan metode, Metode yang digunakan adalah metode huffazh, Metode huffazh adalah metode menghafal dengan Al-Quran berwarna. digunakan supaya siswa lebih mudah dalam menghafal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik penelitian ini adalah dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi sebagai data pendukung penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan faktor pendukung dan penghambat program tahfizh Al-Quran di SMA Darul FalahKata Kunci : Tahfizh Qur’an, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Metode Huffaz.
dc.description Abstract. Every Muslim is obliged to know and understand the Qur'an by studying it seriously. Then from some Muslims are obliged to maintain the purity of the Qur'an. One way to reach the level of understanding and preserve the Qur'an's dignity is by memorizing the Koran, by memorizing it, the Muslim can know, understand, and keep the Qur'an's purity perfectly. one easy way to memorize al-quran is to use the method, The method used is huffazh is the method of memorizing with colored Quran. and is used so that students are easier to memorize. The method used in this research is descriptive with qualitative approach. The technique of this research is by interview technique, observation and documentation study as supporting data of research. The result of this research is knowing the process of planning, implementation, evaluation and supporting factor and inhibiting program tahfizh Al-Quran in Senior High School Darul Falah. Abstrak.Setiap muslim berkewajiban untuk mengenal dan memahami Al-Quran dengan jalan mempelajarinya secara sungguh-sungguh. Kemudian dari sebagian muslim tersebut wajib untuk menjaga kemurnian Al-Quran. Salah satu cara untuk mencapai tingkat pemahaman dan menjaga kemurniaan Al-Quran adalah dengan Menghafal Al-Quran. Dengan menghafal, muslim tersebut dapat mengenal, memahami, dan menjaga kemurniaan Al-Quran secara sempurna. Salah satu cara mudah untuk menghafal Al-Quran adalah dengan menggunakan metode, Metode yang digunakan adalah metode huffazh, Metode huffazh adalah metode menghafal dengan Al-Quran berwarna. digunakan supaya siswa lebih mudah dalam menghafal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik penelitian ini adalah dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi sebagai data pendukung penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan faktor pendukung dan penghambat program tahfizh Al-Quran di SMA Darul Falah
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/9692/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 4, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2018); 27-32
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 4, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2018); 27-32
dc.source 2460-6413
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Tahfizh Qur’an, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Metode Huffaz.
dc.subject
dc.subject Tahfizh Qur'an, Planning, Implementation, Evaluation, Huffaz Method.
dc.title Pengelolaan Metode Huffazh dalam Program Tahfizh Quran di SMA Darul Falah Cihampelas Bandung Barat
dc.title PENGELOLAAN METODE HUFFAZH DALAM PROGRAM TAHFIZH QURAN DI SMA DARUL FALAH CIHAMPELAS BANDUNG BARAT
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account