Universitas Islam Bandung Repository

Pengelolaan pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Al-Barqy di SDIT Al-Amanah Lembang

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Julaeha, Yuliana Siti
dc.creator Surana, Dedih
dc.date 2018-08-06
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/11691
dc.description Abstract. Ability in reading the Qur'an is an important part of Islamic education. Success in learning the Qur'an need to pay attention to the measures that had already been composed through specific methods and techniques, so that the achievement of the desired goals. SDIT Al-Aamanah the Valley using the method of Al-Barqy with the aim of facilitate the learning of students in reading the Qur'an. The purpose of this research is to know the management study read the Qur'an through the method of Al-Barqy in the form of implementation, planning, evaluation and factor endowments and restricting factors. This research uses descriptive methods of analysis with qualitative approach, then the data collection used is with interviews, observation and study of documentation. The results of this study suggest that (1) the planning of learning to read the Qur'an through the method of Al-Barqy is equipped with the selection of competent teachers in teaching reading methods, Al-Barqy, syllabus and RPP (2) implementation of learning to read The Qur'an through the method of Al-Barqy held every Monday, Wednesday and Thursday at 13:00-14:10 PM GMT (3) Evaluation assessment is conducted before and after using the method of Al-Barqy, a daily valuation, the valuation and assessment of UAS UTS (4) Factors supporting Al-Barqy methods such as teachers should understand the teachings of Al-Barqy, the media used and the presence of students while the penghambatnya factor is the different learning conditions.Keywords : Management, learning to reading, method of Al-Baqry Abstrak. Kemampuan dalam membaca Al-Qur’an merupakan bagian yang penting dalam pendidikan islam. Keberhasilan dalam pembelajaran Al-Qur’an perlu memperhatikan langkah-langkah yang sudah tersusun melalui metode dan teknik tertentu, sehingga tercapainya tujuan yang diinginkan. SDIT Al-Aamanah Lembang menggunakan metode Al-Barqy  dengan tujuan memudahkan siswa dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Al-Barqy dalam bentuk pelaksanaan, perencanaan, evaluasi serta faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif maka pengumpulan data yang digunakan ialah dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Al-Barqy dilengkapi dengan pemilihan guru yang kompeten dalam mengajar membaca metode Al-Barqy,silabus dan RPP (2) Pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Al-Barqy dilaksanakan setiap hari senin,rabu dan kamis pada pukul 13.00-14.10 WIB (3) Evaluasi yang dilakukan adalah penilaian sebelum dan sesudah menggunakan metode Al-Barqy, penilaian harian, penilaian UTS dan penilaian UAS (4) Faktor pendukung metode Al-Barqy diantaranya adalah guru harus memahami pengajaran Al-Barqy, media yang digunakan serta kehadiran siswa sedangkan faktor penghambatnya adalah kondisi belajar anak yang berbeda-beda.   Kata Kunci : Pengelolaan, pembelajaran membaca, metode Al-Barqy.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/11691/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 4, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2018); 127-132
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 4, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2018); 127-132
dc.source 2460-6413
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Pengelolaan, pembelajaran membaca, metode Al-Barqy
dc.title Pengelolaan pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Al-Barqy di SDIT Al-Amanah Lembang
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account