Universitas Islam Bandung Repository

Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Proyek, pada Anak Kelompok B TK IT Bina Insan Mulia

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.contributor
dc.creator Ningsih, Diana Prihatin
dc.creator Nuroni, Enoh
dc.creator Suhardini, Asep Dudi
dc.date 2018-08-05
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/11125
dc.description Abstract. This research is backgrounded by the presence of students in group B TK IT Bina Insan Mulia who have problems in responsible attitude. Among the sample positions of responsibility are the majority of the students when they finish the task or finish playing does not return the goods to the original place; the timeliness of school entry most of the students still arrive late on the grounds of oversleeping or lazy; in doing tasks that have been given educators, sometimes students do not finish it until due diligence bored or tired. This condition requires teachers to develop an atmosphere of learning in the classroom to keep it fun and create an appropriate environment for building children's knowledge so that children will be born in the learning motivation. This study aims to improve the attitude of the responsibilities of children aged 5-6 years in group B TK IT Bina Insan Mulia. This research method uses collaborative pattern class action research method, which is carried out for 3 cycles. The subjects of the study were B students of TK IT Bina Insan Mulia, which were 12 students. The research instrument used observation guidance in the form of checklist, anecdotal record, interview with teacher and documentation. Data analysis technique using mixed methode that is qualitative data and quantitative data. The results of this study indicate: (1) Attitudes of children of group B TK IT Bina Insan Mulia can be improved through the learning of project methods; (2) There is an increase in each cycle, in cycle I the slight increase seen, in the second cycle of improvement is clearly visible, most students can develop very well and in the third cycle of improvement is very visible almost all students have developed very well, although there are still a small number of students who are developing; (3) Increased in the child's responsible attitude through treatment in accordance with the learning method and the compiled RPPH. Based on the results of the research, the use of project methods improves the attitude of the child's responsibility in group B TK IT Bina Insan Mulia. The implication of this research is that the use of project method can be one of learning method of child responsibility attitude.Keywords: Responsibility, Project Method. Abstrak. Penelitian ini di latarbelakangi oleh keberadaan siswa di kelompok B TK IT Bina Insan Mulia yang mengalami masalah dalam sikap bertanggung jawab. Diantara contoh sikap tanggung jawab tersebut adalah sebagian besar siswa ketika selesai mengerjakan tugas atau selesai bermain tidak mengembalikan barang ketempat semula; ketepatan waktu masuk sekolah sebagian besar siswa masih datang terlambat dengan alasan kesiangan atau malas; dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan pendidik, terkadang siswa tidak menyelesaikannya sampai tuntas disebabkan bosan atau lelah. Kondisi ini menuntut guru untuk mengembangkan suasana belajar di dalam kelas agar tetap menyenangkan dan menciptakan lingkungan yang sesuai untuk membangun pengetahuan anak sehingga akan lahir motivasi anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab anak usia 5 – 6 tahun di kelompok B TK IT Bina Insan Mulia. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas pola kolaboratif, yang dilaksanakan selama 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK IT Bina Insan Mulia yang berjumlah 12 siswa. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi berupa ceklist, anecdotal record , wawancara dengan guru dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan mixed methode yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Sikap bertanggung jawab anak kelompok B TK IT Bina Insan Mulia dapat meningkat melalui pembelajaran metode proyek; (2) Terjadi peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus I adanya sedikit peningkatan yang terlihat, pada siklus II peningkatan sudah terlihat dengan jelas, sebagian besar siswa dapat berkembang sangat baik dan pada siklus III peningkatan sangat terlihat hampir seluruh siswa sudah berkembang sangat baik, meskipun masih ada sebagian kecil siswa yang mulai berkembang; (3) Terjadinya peningkatan dalam sikap bertanggung jawab anak melalui perlakuan sesuai dengan metode pembelajaran dan RPPH yang tersusun. Berdasarkan dari hasil penelitian, penggunaan metode proyek meningkatkan sikap tanggung jawab anak di kelompok B TK IT Bina Insan Mulia. Implikasi dari penelitian ini yaitu penggunaan metode proyek dapat menjadi salah satu metode pembelajaran sikap tanggung jawab anak.Kata kunci: Sikap Tanggung Jawab, Metode Proyek.
dc.description Penelitian ini di latarbelakangi oleh keberadaan siswa di kelompok B TK IT Bina Insan Mulia yang mengalami masalah dalam sikap bertanggung jawab. Diantara contoh sikap tanggung jawab tersebut adalah sebagian besar siswa ketika selesai mengerjakan tugas atau selesai bermain tidak mengembalikan barang ketempat semula; ketepatan waktu masuk sekolah sebagian besar siswa masih datang terlambat dengan alasan kesiangan atau malas; dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan pendidik, terkadang siswa tidak menyelesaikannya sampai tuntas disebabkan bosan atau lelah. Kondisi ini menuntut guru untuk mengembangkan suasana belajar di dalam kelas agar tetap menyenangkan dan menciptakan lingkungan yang sesuai untuk membangun pengetahuan anak sehingga akan lahir motivasi anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab anak usia 5 – 6 tahun di kelompok B TK IT Bina Insan Mulia. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas pola kolaboratif, yang dilaksanakan selama 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK IT Bina Insan Mulia yang berjumlah 12 siswa. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi berupa ceklist, anecdotal record , wawancara dengan guru dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan mixed methode yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Sikap bertanggung jawab anak kelompok B TK IT Bina Insan Mulia dapat meningkat melalui pembelajaran metode proyek; (2) Terjadi peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus I adanya sedikit peningkatan yang terlihat, pada siklus II peningkatan sudah terlihat dengan jelas, sebagian besar siswa dapat berkembang sangat baik dan pada siklus III peningkatan sangat terlihat hampir seluruh siswa sudah berkembang sangat baik, meskipun masih ada sebagian kecil siswa yang mulai berkembang; (3) Terjadinya peningkatan dalam sikap bertanggung jawab anak melalui perlakuan sesuai dengan metode pembelajaran dan RPPH yang tersusun. Berdasarkan dari hasil penelitian, penggunaan metode proyek meningkatkan sikap tanggung jawab anak di kelompok B TK IT Bina Insan Mulia. Implikasi dari penelitian ini yaitu penggunaan metode proyek dapat menjadi salah satu metode pembelajaran sikap tanggung jawab anak.Kata kunci: Sikap Tanggung Jawab, Metode Proyek.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/11125/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 4, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2018); 86-93
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 4, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2018); 86-93
dc.source 2460-6421
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Sikap Tanggung Jawab, Metode Proyek
dc.subject
dc.subject Sikap Tanggung Jawab, Metode Proyek
dc.title Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Proyek, pada Anak Kelompok B TK IT Bina Insan Mulia
dc.title Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Proyek, pada Anak Kelompok B TK IT Bina Insan Mulia
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type Penelitian Tindakan Kelas Pola Kolaboratif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account