Universitas Islam Bandung Repository

Efektivitas Penggunaan Media Sortir Box Hijaiyyah dalam Kegiatan Pengenalan Huruf Hijaiiyah Kelompok TK A Galenia

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Ananda, Hilda Amalia
dc.creator Surana, Dedih
dc.creator Inten, Dinar Nur
dc.date 2018-08-07
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/11747
dc.description Abstract: The use of learning media in early childhood learning activities is one way for children not to feel bored with conventional learning without tools / media that interest children. Even in letter recognition activities, the use of various media can be done with various activities that make children more enthusiastic to participate in activities. This study aims to determine the effectiveness of media sorting box hijaiyyah to the ability to recognize the letter hijaiyyah in A2 Galenia Kindergarten Group. The results obtained are the result of before using the media sorting box with after using the media sorting box hijaiyyah and then searched the level of comparison. This study uses quasi experimental research method using single group design pre-test and pascatest or also called pre-test and post-test design. Data analysis technique used is Wilcoxon signed ranks test. The Wilcoxon test is used to analyze paired observations from two data whether they are different or not. The population of this study was the Galenia kindergarten group with a sample of the A2 Galenia Kindergarten Group. The results showed that there were significant differences between hijaiyyah letter recognition ability of A2 Galenia Kindergarten Group before using hijaiyyah media sorting boxes of 44.09% with after using hijaiyyah box sorting media of 76.38%, with an increase of 32.29%. Key word: Effectiveness, Box Sorting Media, Introduction of Hijaiyah Type.Abstrak: Penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini merupakan salah satu cara agar anak tidak merasa jenuh dengan pembelajaran yang konvensional tanpa alat bantu/media yang menarik minat anak. Pun dalam kegiatan pengenalan huruf, penggunaan media yang bervariasi bisa dilakukan dengan bermacam kegiatan yang membuat anak lebih antusias untuk mengikuti kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media sortir box hijaiyyah terhadap kemampuan pengenalan huruf hijaiyyah Kelompok TK A2 Galenia. Hasil yang didapat merupakan hasil dari sebelum menggunakan media sortir box dengan setelah menggunakan media sortir box hijaiyyah dan kemudian dicari tingkat perbandingannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain kelompok tunggal pre-test dan pascatest atau disebut juga pre-test and post-test design. Teknik analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon signed ranks test. Uji Wilcoxon digunakan untuk menganalisis hasil-hasil pengamatan yang berpasangan dari dua data apakah berbeda atau tidak. Populasi penelitian ini adalah kelompok TK Galenia dengan sampel Kelompok TK A2 Galenia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan pengenalan huruf hijaiyyah Kelompok TK A2 Galenia sebelum menggunakan media sortir box hijaiyyah sebesar 44,09% dengan setelah menggunakan media sortir box hijaiyyah sebesar 76,38%, dengan peningkatan sebesar 32,29%. Kata kunci: Efektifitas, Media Sortir Box, Pengenalan Huruf Hijaiyah.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/11747/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 4, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2018); 103-108
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 4, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2018); 103-108
dc.source 2460-6421
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Efektifitas, Media Sortir Box, Pengenalan Huruf Hijaiyah
dc.title Efektivitas Penggunaan Media Sortir Box Hijaiyyah dalam Kegiatan Pengenalan Huruf Hijaiiyah Kelompok TK A Galenia
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account