Universitas Islam Bandung Repository

Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Khiyar Aib Pada Transaksi Jual Beli Barang Elektronik di Bandung Electronic Center (BEC)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.contributor
dc.creator Gresilena, Ocha Mutiara
dc.creator Hayatudin, Amrullah
dc.creator Eprianti, Nanik
dc.date 2018-07-31
dc.date.accessioned 2019-01-22T06:32:21Z
dc.date.available 2019-01-22T06:32:21Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/10967
dc.identifier.uri http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/10967
dc.description Abstract.Islam has provided rules of the law covering rukun, term, and forms of sale or purchase that is  prohibated or allowed. But on the practice in the feild there is a sale and purchase that hide defects in the goods so that this can harm one party. But in practice in the field there is a sale and purchase that hide defects in the goods so that this can harm one party. Islamic law provides a solution as a complement of the rukun and terms of sale that have been fulfilled, in the form of khiyar. Among the khiyar disgrace that is seeking the good of two things is to hold or cancel if there is a defect in the goods. This research was conducted at Bandung Electronic Center (BEC). The purpose of this research is to find out how the concept of khiyar disgrace in fiqih muamalah, how to practice buying and selling electronic goods in BEC, and how review mqamih muamalah against khiyar disgrace on the sale and purchase of electronic goods in BEC. Qualitative research methods, and data collection authors use Field Research research methods (field). Data collection is observation and interview (interview) and using data analysis technique by using normative method. The results of the study found that, there are still many sellers who hide defects in the goods and do not explain in detail the actual condition of the goods, so that new buyers realize there are defects in the goods after the occurrence of the contract. This is very detrimental to the buyer.Keyword: Khiyar Aib, BEC Abstrak.Islam telah memberikan aturan-aturan, meliputi rukun, syarat, dan bentuk jual beli yang dilarang atau diperbolehkan. Namun pada praktek di lapangan terdapat jual beli yang menyembunyikan cacat pada barang sehingga hal ini dapat merugikan salah satu pihak.  Hukum Islam memberikan solusi sebagai pelengkap dari pada rukun dan syarat jual beli yang telah terpenuhi, berupa khiyar.  Diantaranya khiyar aib yaitu mencari kebaikan dari dua perkara yaitu melangsungkan atau membatalkan apabila terdapat cacat pada barang. Penelitian ini dilakukan di  Bandung Elektronik Center (BEC). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana khonsep khiyar aib dalam fiqih muamalah, bagaimana praktek jual beli barang elektronik di BEC, dan bagaimana tinjauan fiqih muamalah terhadap khiyar aib pada jual beli barang elektronik di BEC. Metode penelitian kualitatif, dan pengumpulan data penulis menggunakan metode penelitian Field Research (lapangan). Pengumpulan data yaitu observasi dan interview (wawancara) dan menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan metode normatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa, masih banyak penjual yang menyembunyikan cacat pada barangnya dan tidak menjelaskan secara detail kondisi barang yang sesungguhnya., sehingga pembeli baru menyadari terdapat cacat di dalam barang setelah terjadinya akad. Hal ini sangat merugikan kepada pembeli.Kata Kunci: Khiyar Aib, BEC
dc.description Abstrak.Islam telah memberikan aturan-aturan, meliputi rukun, syarat, dan bentuk jual beli yang dilarang atau diperbolehkan. Namun pada praktek di lapangan terdapat jual beli yang menyembunyikan cacat pada barang sehingga hal ini dapat merugikan salah satu pihak.  Hukum Islam memberikan solusi sebagai pelengkap dari pada rukun dan syarat jual beli yang telah terpenuhi, berupa khiyar.  Diantaranya khiyar aib yaitu mencari kebaikan dari dua perkara yaitu melangsungkan atau membatalkan apabila terdapat cacat pada barang. Penelitian ini dilakukan di  Bandung Elektronik Center (BEC). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana khonsep khiyar aib dalam fiqih muamalah, bagaimana praktek jual beli barang elektronik di BEC, dan bagaimana tinjauan fiqih muamalah terhadap khiyar aib pada jual beli barang elektronik di BEC. Metode penelitian kualitatif, dan pengumpulan data penulis menggunakan metode penelitian Field Research (lapangan). Pengumpulan data yaitu observasi dan interview (wawancara) dan menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan metode normatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa, masih banyak penjual yang menyembunyikan cacat pada barangnya dan tidak menjelaskan secara detail kondisi barang yang sesungguhnya., sehingga pembeli baru menyadari terdapat cacat di dalam barang setelah terjadinya akad. Hal ini sangat merugikan kepada pembeli.Kata Kunci: Khiyar Aib, BEC 
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/10967/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/downloadSuppFile/10967/2261
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 4, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2018); 977-983
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 4, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2018); 977-983
dc.source 2460-2159
dc.subject Hukum Ekonomi Syariah
dc.subject Khiyar Aib, BEC
dc.subject
dc.subject kHIYAR aIB, bec
dc.title Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Khiyar Aib Pada Transaksi Jual Beli Barang Elektronik di Bandung Electronic Center (BEC)
dc.title Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Khiyar Aib Pada Praktek Jual Beli Barang Elektronik (Studi Kasus di Bandung Electronic Center BEC)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account