Abstract:
Di era industri yang semakin kompetitif ini, kecanggihan sebuat strategi pemasaran
sebuah produk atau jasa menjadi suatu keniscayaan. Strategi komunikasi pemsaran
merupakan kegiatan inti dari komunikasi pemasaran. Komunikasi Pemsaran sendiri
merupakan salah satu bentuk komunikasi yang diaplikasikan dalam dunia pemasaran. Seperti
komunikasi lainnya, proses dalam komunikasi pemasaran melibatkan unsure-unsur:
komunikator, pesan, komunikan.khalayak. media, saluran, dan efek. Dalam setiap unsur
komunikasi tersebut sangat mungkin akan ditemui permasalahan-permasalahan.Maka sebuah
penelitian menjadi sebuah keniscayan. Setiap penelitian harus mengikuti sistematika
penelitian, seperti : permasalahan-permasalahan yang ditemui harus dirumuskan terlebih
dahulu agar lebih terfokus. Dengan menggunakan metode yang tepat berlandaskan pada
paradigm yang dianggap akurat, serta ditopang oleh teori-teori yang sesuai, pertanyaanpertanyaan
tersebut akan diujikan kepada sejumlah responden terpilih (sampel) untuk
mendapatkan data. Data kemudian dianalisis, hingga memperoleh hasil atau jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Hasil yang diperoleh kemudian akan dilaporan berupa
kesimpulan dan rekomendari, yang tentu saja sangat dibutuhkan oleh perusahaan, instansi
atau institusi dalam memaksimalkan seluruh program dan kegiatannya.