Universitas Islam Bandung Repository

LAPORAN AKHIR PENELITIAN DOSEN UTAMA : EVALUASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA BACA : (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Baca Pada Siswa SMA di Kota Bandung)

Show simple item record

dc.contributor.author Yuniati, Yenni
dc.contributor.author Yuningsih, Ani
dc.contributor.author Ratmanto, Teguh
dc.contributor.author Kusumah, Arini Mauludya
dc.contributor.author Yulio, Bobby
dc.date.accessioned 2019-04-29T03:34:29Z
dc.date.available 2019-04-29T03:34:29Z
dc.date.issued 2017-09
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18634
dc.description.abstract Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 12 Tahun 2015, yaitu pengembangan potensi diri siswa secara utuh dengan wajib menggunakan waktu 15 menit pada jam pelajaran sebelum belajar mengajar dimulai untuk membaca, Sesuai spirit permen, yaitu penumbuhan budi pekerti, literasi sekolah hendaknya ditujukan sebagai ikhtiar pembentukan budi pekerti siswa melalui membaca dan menulis. Buku wajib baca yang mengandung nilai-nilai, contoh tindakan positif yang menginspirasi siswa agar memiliki budi pekerti yang baik. Kasus hebohnya buku kelas VII, bahasa Indonesia, yang memuat cerpen "Gerbana" untuk Kurikulum 2013 menjadi contoh betapa kosakata yang layak dipahami seusia siswa SD sampai SMA masih dipersoalkan, Untuk menetapkan jenis buku yang dibaca, harus ditetapkan dulu tujuan kewajiban itu. Dapat berupa buku cerita lokal, dongeng local yang sangat kaya di Indonesia, sejarah lokal, sejarah nasional yang menggambarkan ketokohan, cerita capaian individual manusia Indonesia yang mampu menginspirasi, seperti biografi tokoh lokal atau nasional, bahkan tokoh internasional. Untuk menumbuhkan semangat cinta Tanah Air bisa disiapkan buku bacaan tentang sejarah bahasa Indonesia, sejarah bendera Merah Putih, sejarah lagu kebangsaan "Indonesia Raya", sejarah penciptaan lambang negara. Badan Bahasa beberapa tahun terakhir ini telah mendokumentasi cerita lokal dari berbagai daerah, Tak kurang dari 446 judul cerita dan dongeng lokal terkumpul. Buku-buku itu dapat menjadi bahan bacaan siswa terkait literasi sekolah, Penelitian ini ingin melihat "Sejauhmana Gerakan Literasi Sekolah Dapat Menumbuhkan Budaya Membaca di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Bandung". Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan survey eksplanatori, yaitu metode penelitian yang mengambil beberapa sampel dari populasi dan mcnggunakan angket (kuesioner) sebagai alat pengumpul data yang pokok, Peserta didik dapat ditugaskan melaporkan hasil membaca berupa memodifikasi bahan bacaan dalam bentuk menceritakan kembali, meringkas, mengokonversi teks bacaan menjadi jenis teks lainnya, menemukan pesan teks bahan bacaan, debat tentang karakter tokoh. Kegiatan itu dapat secara lisan maupun tulisan. Melalui kemampuan mengerjakan tugas itu, siswa menunjukkan telah membaca. Literasi sekolah bermanfaat bagi siswa untuk memahami karakter atau nilai positif dan negatif, sehingga bisa menjadi rujukan bertingkah laku. Hal lain adalah ketersediaan bahan bacaan. Perpustakaan sekolah menyiapkan bahan bacaan terkait cerita atau dongeng lokal, Bahan bacaan yang didigitalkan bermanfaat untuk mengefisienkan pemakaian ruang bacaan di sekolah. Peserta didik tak harus ke perpustakaan sekolah, cukup membuka perangkat elektronik mereka melalui smartphone yang m ereka miliki, tinggal sekolah menyediakan fasilitas internet atau wifi. Dengan demikian, Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 dapat berkontribusi nyata bagi pembentukan budi pekerti siswa, en_US
dc.publisher LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG en_US
dc.subject Literasi Sekolah, Budaya Membaca, Deskriptif Kuantitatif, Survey Eksplanatori en_US
dc.title LAPORAN AKHIR PENELITIAN DOSEN UTAMA : EVALUASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA BACA : (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Baca Pada Siswa SMA di Kota Bandung) en_US
dc.type Technical Report en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account