Universitas Islam Bandung Repository

LAPORAN AKHIR PENELITIAN DOSEN MUDA : PENERAPAN NILAI-NlLAI ISLAMI DALAM PELAYANAN KEPADA MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI DAN FAKULTAS KEDOKTERAN

Show simple item record

dc.contributor.author Palapah, Maya Amalia Oesman
dc.contributor.author Hernawati, Riza
dc.contributor.author Zulfebriges
dc.contributor.author Aisyah, R. Maulinnisa Siti
dc.contributor.author Apriliana, Angelita
dc.contributor.author Sudrajat, Amila Fatharani
dc.date.accessioned 2019-04-29T06:32:32Z
dc.date.available 2019-04-29T06:32:32Z
dc.date.issued 2017-09
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18644
dc.description.abstract Seiring dengan meningkatnya Iembaga pendidikan khususnya di Kota Bandung mengakibatkan perusahaaan harus memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik dibandingkan perusahaan lain yang sejenis , sehingga perusahaan bisa memiliki posisi kuat di masyarakat. Pelayanan yang prima menjadi salah satu pemicu untuk meningkatkan jumlah mahasiswa. Hal ini dikarenakan dengan pelayanan yang baik maka pencitraan dari lembaga pendidikan itu sendiri akan menjadi lebih positif yang kemudian berujung pada tingkat kepercayaan orang tua menyekolahkan anaknya di Unisba. Pelayanan Islami menjadi salah daya tarik sekaligus ciri khas dari Unisba tetapi perlu ada tinjauan Iebih mendalam mengenai sejauhmana aplikasi pelayanan yang dilakukan oleh para administrasi Unisba. Aplikasi pelayanan Islami akan berbeda di setiap Fakultas maka tujuan dari penelitian untuk mengetahu bagaimana aplikasi pelayanan yang Islami pada dua Fakultas unggulan Unisba yaitu Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) dan Fakultas Kedokteran Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan studi komparasi. Pada Penelitian ini yang menjadi responden penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling atau sampel acak. Jumlah reponden yang diambil adalah 191orang (91 responden mahasiswa FakuItas Kedokteran dan 100 responden mahasiswa Fakultas Ilrnu Kornunikasi) sesuai dengan kepentingan penelitian. Hasilpenelitian memperlihatkan bahwa Pelayanan Islami dari aspek tangibles, emphathy, realibility, responsiveness dan assurance di Fakultas Kedokteran lebih baik di bandingkan di Fakultas IImu Komunikasi. Ini tentu saja karena sarana dan prasarana di Fakultas Kedokteran lebih memadai dari Fikom, dengan gedung yang baru Fakultas Kedokteran lebih memiliki keleluasaan ruang untuk pelayanan sedangkan Fikom lebih sempit dan kurang tertata dengan baik. Dari sisi SDM, Fakultas Kedokteran juga memiliki petugas pelayanan yang lebih baik, karena Fakultas Kedokteran selalu diberikan arahan setiap semester mengenai pelayanan yang baik oleh Ketua Prodi, sehingga ini menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan pelayanan. en_US
dc.publisher LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG en_US
dc.subject Pelayanan, Nilai Islami, Mahasiswa, Fakultas Kedokeran dan Fakultas Ilmu Komunikasi en_US
dc.title LAPORAN AKHIR PENELITIAN DOSEN MUDA : PENERAPAN NILAI-NlLAI ISLAMI DALAM PELAYANAN KEPADA MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI DAN FAKULTAS KEDOKTERAN en_US
dc.type Technical Report en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account