Abstract:
Beberapa perusabaan banyak menggunakan jasa ibu rumah tangga untuk menjadi
agen pemasar. Hal ini juga menjadi peluang bagi ibu rumahtangga untuk beraktivitas secar produktif Ibu rumah tangga oleh pelaku bisnis sering menjadi sumber network tenaga kerja. Dekat dengan pasar menjadi salah satu alasan selain nilai-nilai lebih lain yang dimiliki ibu rumah tangga.
Berbagai usaha dijalankan dalam melibatkan ibu rumah tangga sebagai agen pemasar. Beberapa hal yang menarik yang telah dilakukan oleh perusahaan adalah memberikan pendampingan dengan cara berkomunikasi untuk terns memberi motivasi dan sekaligus mendampingi ibu rumah tangga untuk berusaha. Hal ini juga diterapkan oleh ibu rumahtangga ketika mereka mencari agen pemasar dan terus menjaga kelangsungan usahanya dengan komunikasi yang efektif.
Melalui kegiatan PKM 00, tim pengabdi mencoba menerapkan metode supportive
communication yang dapat diterapkan oleh para ibu rumah tangga agen pemasar dalam mengembangkan usahanya sebagai agen pemasar. Supportive communication dapat mendorong ibu rumah tangga untuk melakukan bisnis kecil dalam kegiatan yang bisa bersinergi dengan mengurus nunah tangga. Melalui komunikasi yang dapat membangun dan memotivasi perempuan khususnya ibu rumah tangga untuk rnenjadi seorang wirausahawan agar dapat membangun kehidupankeluarga menjadi lebih baik Iagi.