Abstract:
Pelaku usaha yang tergabung dalam Asosiasi Pasar Tani Sabilulungan aktif mengembangkan
berbagai jenis usaha, namun dalam aktivitasnya terkendala salah satu masalah yaitu
pemasaran. Pelaku usaha sebagai anggota komunitas tersebut kurang memiliki keterampilan
dalam mempromosikan bisnisnya yang seharusnya dapat ditransformasikan menjadi
penjualan. Masalah tersebut menjadi dasar dari kegiatan PKM yang akan diselenggarakan ini.
Materi pelatihan berisi perencanaan bisnis dan model bisnis, bentuk promosi bisnis,
penerapan promosi bisnis dalam meningkatkan ornzet penjualan, dan simulasi berupa
menyusun pesan promosi bisnis melalui leaflet. Metode pelatihan yang digunakan yaitu
ceramah, dlskusi, dan slmulasi. Kegiatan PKM ini merupakan pe1atihan yang barn pertama
kali diselenggarakan. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta
dalam memahami perencanaan dan model bisnis, bentuk prornosi bisnis, dan penerapannya
dalam rueningkatkan omzet penjualan, serta menyusun pesan promosi bisnis melalui leaflet.
Evaluasi pelatihan dilakukan tes awal (pretest), untuk mengukur pengetahuan dan
keterampilan promosi bisnis. Hasil pengukuran pretest peserta kurang memiliki pengetahuan
yang memadai mengenai promosi bisnis, karena hasilnya cukup. Adapun setelah peserta
mengikuti pelatihan, dilakukan postest peserta memperoleh nilai yang sangat tinggi pada
aspek pengetahuan dan pada saat simulasi (praktek) promosi bisnis. Dengan melakukan
promosi bisnis, peserta diharapkan dapat meningkatkan omzet penjualan produknya.