Abstract:
Komunikasi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam rangka menjalin hubungan dengan orang lain. Komunikasi yang dilakukan seorang anak dengan teman-temannya merupakan komunikasi antarpribadi yang bertujuan untuk menjalin hubungan baik dalam pertemanan. Realitas di lapangan menunjukkan bahwa dalam pergaulan di sekolah. Banyak terjadi kesalahpahaman komunikasi yang menyebabkan terjadinya permusuhan bahkan perkelahian (kekerasan). Dalam keseharian pesan yang dipertukarkan anak pada komunikasi antarpribadj yang dilakukannya dengan teman maupun dengan guru tentunya menunjukkan perbedaan. Pesan verbal dan nonverbal
anak-anak dengan sebayanya tentunya menggunakan simbol yang berbeda dengan pesan verbal dan nonverbal yang disampaikan kepada guru mereka.
Tujuan kegiatan dari PKM mengenai Komunikasi Antarpribadi Anak di Sekolah
dalam Mencegah Tindak Kekerasan adalah :
1. Membekali pemahaman mengenai komunikasi antarpribadi yang dapat dilakukan
anak-anak disekolah.
2. Membekali pemahaman mengenai bahasa verbal dan nonverbal dalam pergaulan
anak.
3. Membekali pemahaman mengenai etika komunikasi dan etika pergaulan sehingga
diharapkan dapat mencegah tindak kekerasan terhadap anak di sekolah.
Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah terdiri dari beberapa, yaitu :
1. Ceramah
2. Diskusi / Tanya jawab
3. Permainan game "Anti Kekerasan"
4. Komitmen Pencegahan Kekerasan di Sekolah dan Menginformasikan pada Teman
Lain.
Penggunaan metode ceramah dan diskusi digunakan untuk memberikan pemahaman mengenai komunikasi antarpribadi, komunikasi verbal dan nonverbal dalam pergaulan anak-anak, etika komunikasi, dan etika pergaulan. Sementara Game "Kekerasan" dilakukan untuk mendiskusikan permasalahan atau analisis kasus pencegahan kekerasan di sekolah.