dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) citra institusi berdasarkan ekspektasi
dan perspektif konsumen program studi magister manajemen di Pascasarjana
Unisba; (2) citra institusi berdasarkan kenyataan dan perspektif konsumen program
studi magister manajemen di Pascasarjana Unisba; dan (3) perbedaan citra institusi
antara ekspektasi dan kenyataan dari perspektif konsumen program studi magister
manajemen di Pascasarjana Unisba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskriptif survey. Penelitian ini menggunakan responden mahasiswa program
studi magister manajemen konsentrasi manajemen rumah sakit. Data primer yang
digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner. Sesuai dengan tujuan
penelitian ini, maka analisis yang digunakan adalah dengan diferensial semantik dan
statistik uji 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) citra institusi berdasarkan
ekspektasi dari perspektif pengguna jasa pendidikan menunjukkan bahwa, institusi
memiliki pencitraan yang tinggi; (2) citra inslitusi berdasarkan kenyataan dari
perspektif konsumen, yaitu institusi dicitrakan cukup baik, namun demikian pencitraan
yang diberikan lebih rendah dari ekspektasinya; dan (3) terdapat perbedaan
pencitraan antara ekspektasi dengan kenyataan secara berarti atau signifikan, yang
artinya bahwa pencitraan institusi yang diharapkan menjadi penguat bagi institusi
dalam hal ini untuk program studi magister manajemen konsentrasi manajemen
rumah sakit, guna lebih meningkatkan kualitas pendidikan dan layanannya, sehingga
dapat memberikan pencitraan yang lebih baik lagi sesuai dengan yang diharapkan
atau bahkan melebihi ekspektasinya. |
en_US |