Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Pengetahuan Agama, Lingkungan dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pedagang Muslim dalam Memilih Bank

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Gestapiani, Mia
dc.creator Hidayat, Asep Ramdan
dc.creator Hidayat, Yayat Rahmat
dc.date 2019-08-01
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/16510
dc.description Abstract. Banks in Indonesia use a dual banking system, namely Islamic banks and conventional banks. Traders currently use banks as a transaction. A muslim traders should choose Islamic banks in transaction activities to avoid them from usury. The fact, Muslim traders in the Patrol Market still use bank conventional. So the researcher is interested in formulating a problem that is how influence  (X1), (X2), (X3) on (Y). The purpose of knowing the influence decision of Muslim traders in choosing banks through consumer behavior factors with the dominant factors that is religious knowledge (X1), environment (X2), knowledge product (X3) to consumer decisions (Y). The method of this research is quantitative research, that is the analysis of statistical test data in the form of multiple linear regression with sample random sampling. The sources used are primary data. That is questionnaire and secondary data, namely various literature sources that support research. The result of the study are based on the criterion score of the decision of Muslim traders in choosing a bank with the X1 variabel indicating good while X2 and X3 are not good. So that the result Muslim traders in the study prove the lack of use of Islamic banks in transactions. While the result of F count are significant at 53,558, which mean that overall there is an influence between X1, X2 and X3. With the results of hypothesis H1, H2 and H3, accepted means that there are influences from variables X1 (26,7%), X2 (30,1%) and X3 (41,6%) significantly and affecting of variable (Y).Keywords: Islamic Bank, Consumer Behavior, Consumer Decisions.Abstrak. Bank di Indonesia menggunakan dual banking system yaitu bank syariah dan bank konvensional. Pedagang saat ini menggunakan bank sebagai alat transaksi. Seorang muslim seharusnya memilih bank syariah dalam kegiatan transaksi supaya terhindar dari riba. Faktanya pedagang muslim Pasar Patrol masih menggunakan bank konvensional. Maka peneliti tertarik untuk membuat rumusan masalah yaitu bagaimana pengaruh (X1), (X2), (X3) terhadap (Y). Tujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan pedagang muslim dalam memilih bank melalui faktor perilaku konsumen dengan faktor dominannya yaitu pengetahuan agama (X1), lingkungan (X2), pengetahuan produk (X3) terhadap keputusan konsumen (Y). Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu analisis data uji statistik berupa regresi linear berganda dengan sampel random sampling. Sumber yang digunakan adalah data primer yaitu kuesioner dan data sekunder yaitu berbagai sumber literatur yang mendukung penelitian. Hasil penelitian, berdasarkan skor kriterium keputusan pedagang muslim dalam memilih bank  dengan variabel X1 baik sedangkan X2 dan X3 kurang baik. Sehingga para pedagang muslim dalam penelitian membuktikan minimnya menggunakan bank syariah dalam bertransaksi. Sedangkan, hasil F hitung signifikan sebesar 53,558 artinya secara keseluruhan terdapat pengaruh antara X1, X2, X3. Dengan hasil hipotesis H1, H2, H3, diterima artinya terdapat pengaruh dari variabel X1  (26,7%), X2 (30,1%),  X3 (41,6%) secara signifikan dan mempengaruhi variabel (Y). Kata kunci : Bank Syariah, Perilaku Konsumen dan Keputusan Konsumen.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/16510/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 5, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2019); 356-363
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 5, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2019); 356-363
dc.source 2460-2159
dc.subject Hukum Ekonomi Syariah
dc.subject Bank Syariah, Perilaku Konsumen dan Keputusan Konsumen.
dc.title Pengaruh Pengetahuan Agama, Lingkungan dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pedagang Muslim dalam Memilih Bank
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account