Universitas Islam Bandung Repository

Tinjauan Hukum Islam terhadap Keputusan Komsumen untuk Membeli Brand Imitasi Jenis Fashion (Studi Kasus di Pasar gasibu Bandung)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Ariska, Bella
dc.creator Bayuni, Eva Misfah
dc.creator Hidayat, Yayat Rahmat
dc.date 2019-08-07
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/17109
dc.description Abstract: The rise of the circulation of imitation products in the type of clothing that uses well-known company brands on the market is increasingly visible. This happens because of the high level of purchases from consumers themselves. Gasibu Market is a traditional market that sells various types of products, including clothing. Most types of fashion products sold in this market are products with brand names at a cheap and affordable price. This research is intended to find out: 1) The theory of consumer purchasing decisions and buying and selling of goods according to Islamic law, 2) Practice of buying and selling imitation brands of fashion in Gasibu Market Bandung, 3) Overview of Islamic law on consumer decisions to buy brands depending on the type of fashion in the Market Gasibu Bandung. This study uses research methods using normative juridical and includes the type of qualitative research by making analyzing the results of interviews and literature studies related to the problem. Based on the results of the study, it was concluded that: 1) Consumer purchasing decisions according to Islam must reflect the relationship with Allah SWT by obeying all the provisions of the Shari'a and buying and selling goods in accordance with the buying and selling activities issued. 2) The practice of buying and selling imitation brands in the Gasibu Market in Bandung is tantamount to other buying and selling practices, only sellers and buyers are interrelated with the products being traded are imitation products. 3) The consumer's decision to buy a fashion product brand at Gasibu Market Bandung is a wrong decision in terms of selling and buying brand products that involve things that are not in accordance with Islamic law.Keyword: Islamic Law, Purchasing Decision, Brand ImitationAbstrak: Maraknya peredaran produk imitasi jenis fashion yang menggunakan merek perusahaan terkenal di pasaran semakin terlihat. Hal ini terjadi karena tingginya tingkat pembelian dari konsumen sendiri. Pasar Gasibu merupakan pasar tradisonal yang menjual berbagai jenis produk tidak terkecuali jenis fashion. Produk jenis fashion yang di jual di pasar ini sebagian besar merupakan produk dengan brand imitasi dengan harga yang murah dan terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Teori keputusan pembelian konsumen dan jual beli barang imitasi menurut hukum Islam, 2) Praktik jual beli brand imitasi jenis fashion di Pasar Gasibu Bandung, 3) Tinjauan hukum Islam terhadap keputusan konsumen untuk membeli brand imitasi jenis fashion di Pasar Gasibu Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan yuridis normatif dan termasuk jenis penelitian kualitatif dengan melakukan analisis hasil wawancara dan studi kepustakaan terkait dengan masalah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: 1) Keputusan pembelian konsumen menurut Islam yaitu harus mencerminkan hubungan dirinya dengan Allah SWT dengan mentaati segala ketentuan syariat dan jual beli barang imitasi merupakan kegiatan jual beli yang dilarang. 2) Praktik jual beli brand imitasi di Pasar Gasibu Bandung sama halnya dengan praktik jual beli lainya hanya saja penjual dan pembeli saling mengetahui produk yang diperjualbelikan merupakan produk imitasi. 3) Keputusan konsumen untuk membeli brand imitasi jenis fashion di Pasar Gasibu Bandung merupakan keputusan yang salah karena baik dalam hal menjual maupun membeli produk brand imitasi keduanya merupakan hal yang tidak sesuai dengan hukum Islam.Kata kunci: Hukum Islam, Keputusan Pembelian, Brand Imitasi
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/17109/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 5, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2019); 611-617
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 5, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2019); 611-617
dc.source 2460-2159
dc.subject Hukum Ekonomi Syariah
dc.subject Hukum Islam, Keputusan Pembelian, Brand Imitasi
dc.title Tinjauan Hukum Islam terhadap Keputusan Komsumen untuk Membeli Brand Imitasi Jenis Fashion (Studi Kasus di Pasar gasibu Bandung)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account