Description:
Abstract. Hospitals as one of the health service facilities have an important role in achieving the goals of National Health Insurance (JKN) which are expected to provide efficient, effective services, and are required to provide appropriate health information and produce accurate data in health services. This research was based on the background of BPJS patient complaints about hospital services, especially at the As-Syifa Sukabumi Islamic Hospital. The purpose of this study was to find out (1) the concept of sharia hospital services according to the DSN-MUI Fatwa No: 107 / DSN-MUI / X / 2016 (2) Services at As-Syifa Islamic Hospital (3) Fatwa DSN-MUI No Review : 107 / DSN-MUI / X / 2016 for services at the As Syifa Sukabumi Islamic hospital. This research is a qualitative approach. Data obtained from field sources and library data sources were analyzed and compiled in a descriptive qualitative manner. The results showed that overall service quality according to the DSN-MUI Fatwa NO: 107 / DSN-MUI / X / 2016 in general services at the As-Syifa Islamic Hospital in Sukabumi has been fulfilled but the BPJS services at the As-Syifa Sukabumi Islamic Hospital often occur negligence and hospital staff are less friendly due to too many BPJS patients. Keywords : Services, Hospital Services, Public Services, BPJS Services Abstrak. Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan mempunyai peranan penting dalam mencapai tujuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diharapkan dapat memberikan pelayanan yang efisien, efektif, dan dituntut untuk memberikan informasi kesehatan yang tepat dan menghasilkan data yang akurat dalam pelayanan kesehatan. Penelitian ini di latar belakangi oleh keluhan pasien BPJS tentang pelayanan Rumah Sakit khususnya di Rumah Sakit Islam As-Syifa Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)Konsep pelayanan rumah sakit syariah menurut Fatwa DSN-MUI No:107/DSN-MUI/X/2016 (2)Pelayanan pada Rumah Sakit Islam As-Syifa (3)Tinjauan Fatwa DSN-MUI No:107/DSN-MUI/X/2016 terhadap pelayanan di rumah sakit Islam As Syifa Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari sumber lapangan (field research) dan sumber data kepustakaan (library research) dianalisis dan disusun secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan menurut Fatwa DSN-MUI NO:107/DSN-MUI/X/2016 secara keseluruhan pelayanan umum di Rumah Sakit Islam As-Syifa Sukabumi sudah terpenuhi namun pada pelayanan BPJS di Rumah Sakit Islam As-Syifa Sukabumi sering terjadi kelalaian dan para petugas rumah sakit kurang ramah akibat terlalu banyaknya pasien BPJS. Kata Kunci : Pelayanan, Pelayanan Rumah Sakit, Pelayanan Umum, Pelayanan BPJS