Universitas Islam Bandung Repository

Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Sistem Advertising Paid To Click

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Permana, Maisa Aghnia Tsani
dc.creator Febriadi, Sandy Rizki
dc.creator Yunus, Muhammad
dc.date 2019-08-09
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/18421
dc.description Abstract. This era is a phase of technology’s development, Ones of them is internet. Internet is the effective media for business. Many of it appears and one called PTC (paid to click). It is really become a promising business. PTC is easy to use, we only have to click the advertisement from the site then we will earn dollars to our bank account. On this paper, the writer want to know the mechanism of neobux business who applied the PTC, and to analyze the view of Islamic ethics to that system.The method used in this study is a qualitative method with a normative juridical approach and library research. The research data collected by observation and documentation.The results of this research show that: the first, axioms of business ethics in Islam are unity, balance, responsibility, free will and truth. The second, neobux is not paid the member like it used to be. The third, system of neoubux’s PTC is not accordance with Islamic business ethicsKeywords: Islamic Business Ethics, Paid To Click, AdvertisingAbstrak. Internet sebagai media yang efektif dalam dunia bisnis. Salah satunya yaitu  PTC (paid to click).  PTC menjadi bisnis yang menjanjikan. cara kerjanya pun sangat mudah, kita hanya harus mengklik iklan yang sudah disediakan oleh situs tersebut maka seseorang akan memperoleh bayaran dalam kurs dollar yang masuk ke rekening online mereka.  Dalam penelitian skripsi ini penulis ingin mengetahui bagaimana mekanisme yang diterapkan oleh situs neobux sebagai penyedia program PTC serta bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap praktek program PTC dalam situs tersebut.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif dan jenis penelitian kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian skripsi ini menunjukan bahwa: pertama aksioma-aksioma etika bisnis dalam Islam adalah kesatuan, keseimbangan, tanggungjawab, kehendak bebas dan kebenaran. Kedua, neobux tidak membayar member dengan jumlah dollar yang telah dijanjikan. Ketiga, praktik system advertising paid to click yang dilakukan oleh neobux belum sesuai dengan aksioma-aksioma etika bisnis IslamKata Kunci: Etika Bisnis Islam, Paid to click, advertising
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/18421/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 5, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2019); 681-686
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 5, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2019); 681-686
dc.source 2460-2159
dc.subject Hukum Ekonomi Syariah
dc.subject Etika Bisnis Islam, Paid to click, advertising
dc.title Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Sistem Advertising Paid To Click
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account