Universitas Islam Bandung Repository

Implementasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di TK Cerdas Mandiri Playschool Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Hasanah, Laela Nur
dc.creator Masnipal, Masnipal
dc.creator Dudi, Asep
dc.date 2019-08-09
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/17652
dc.description Abstract. This study aims to provide an overview of the implementation of character education in early childhood in the Smart Mandiri Playschool kindergarten in Bandung, which includes guidelines and indicators, methods, media and props, planning, implementation, supervision and evaluation. The implementation of character education in TK Mandiri Mandiri Playschool uses the guidelines for organizing character education from the Ministry of National Education in 2012 which has 15 points of character values in it and researchers also use guidelines and indicators from one of the books that become a reference in this study. This study uses descriptive methods to describe the results of research on the implementation of character education in early childhood in actual and appropriate in the TK Mandiri Mandiri Playschool. The subjects of this study were the principal, class teachers, accompanying teachers, extracurricular teachers and parents. Data collection techniques in this study were observation, interviews and documentation. The results of the study illustrate that the implementation of character education in TK Mandiri Mandiri Playschool has been very good. This can be explained as follows: (1) In the implementation of character education guidelines from the Ministry of National Education in 2012. These guidelines were compiled and lowered into indicators called religious-moral rubics. (2) The method used includes habituation, example, giving advice, giving punishment and other methods as well as media and teaching aids that are adjusted to the method. (3) Planning is arranged into a daily learning program design or lesson plan. (4) The implementation of character education is linked to the learning process in the classroom. (5) Supervision is carried out directly to the child related to the running of the program at school. (6) Evaluation is carried out directly in order to find out the development of children by the school principal, educators and education staff in the school.Keywords: Early Childhood Education, Character Education.Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terhadap implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di TK Cerdas Mandiri Playschool Kota Bandung yang meliputi pedoman dan indikator, metode, media dan alat peraga, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi. Implementasi pendidikan karakter di TK Cerdas Mandiri Playschool menggunakan pedoman penyelenggaraan pendidikan karakter dari Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2012 yang terdapat 15 poin nilai-nilai karakter didalamnya serta peneliti pun menggunakan pedoman dan indikator dari salah satu buku yang menjadi acuan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan hasil penelitian tentang implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini secara aktual dan sesuai yang ada di TK Cerdas Mandiri Playschool. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping, guru ekstrakulikuler dan orang tua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa implementasi pendidikan karakter di TK Cerdas Mandiri Playschool sudah sangat baik. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) Pada pedoman penyelenggaraan pendidikan karakter dari Kemendiknas Tahun 2012. Pedoman tersebut disusun dan diturunkan menjadi indikator yang dinamakan rubik agama-moral. (2) Metode yang digunakan meliputi pembiasaan, keteladanan, pemberian nasehat, pemberian hukuman dan metode lainnya serta media dan alat peraga pun disesuaikan dengan metode tersebut. (3) Perencanaan disusun menjadi sebuah rancangan program pembelajaran harian atau lesson plan. (4) Pelaksanaan penerapan pendidikan karakter dihubungkan pada proses  pembelajaran di kelas. (5) Pengawasan yang dilakukan secara langsung kepada anak yang berkaitan dengan berjalannya program di sekolah. (6) Evaluasi yang dilakukan secara langsung guna mengetahui perkembangan anak oleh kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah. Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Karakter.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/17652/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 5, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2019); 25-30
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 5, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2019); 25-30
dc.source 2460-6421
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Karakter.
dc.title Implementasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di TK Cerdas Mandiri Playschool Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account