Universitas Islam Bandung Repository

Persepsi Orang Tua Siswa Terhadap Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung di Taman Kanak-Kanak

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Supiah, Siti
dc.creator Marhun, Masnipal
dc.creator Mulyani, Dewi
dc.date 2019-08-09
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/18863
dc.description Abstract. This study aims to obtain a picture of students 'parents' perceptions of learning to read, write and count in kindergarten in Kutanagara and Girimakmur villages. This research uses descriptive analysis methods, data collection techniques using questionnaires and data processing by editing, coding, scoring, tabulation, and percentage. The results of the study illustrate that: 1) parents' knowledge of learning to read, write and count in kindergarten is good and in accordance with the stages of development and learning concepts for early childhood with a percentage of 83.9%;2) the majority of parents disagree with the prohibition of learning to read, write and count in kindergarten with a percentage of 63.6%; 3) the majority of parents agree to the existence of learning to read, write and count in kindergarten with a percentage of 76.74%; 4) the actions of parents so that their children can read, write and attend kindergarten with a percentage of 74.7%; and 6) there are differences in perceptions among students' parents about learning to read, write and count in the Kutanagara Village Kindergarten and Girimakmur Village.Keywords: Perception, Reading, Writing and Counting  Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran membaca, menulis dan berhitung di Taman Kanak-kanak Desa Kutanagara dan Desa Girimakmur. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengolahan data dengan cara editing, Coding, skoring, tabulation, dan persentase. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: 1) pengetahuan orang tua terhadap pembelajaran membaca, menulis dan berhitung di TK sudah baik dan sesuai dengan tahapan perkembangan maupun konsep belajar untuk anak usia dini dengan persentase 83,9%; 2) sebagian besar orang tua kurang setuju terhadap larangan pembelajaran membaca, menulis dan berhitung di TK dengan persentase 63,6%; 3) sebagian besar orang tua setuju terhadap adanya pembelajaran membaca, menulis dan berhitung di TK dengan persentase 76,74%; 4) adanya tindakan orang tua agar anaknya bisa membaca, menulis dan berhitug di TK dengan persentase 74,7%; dan 6) adanya perbedaan persepsi antar orang tua siswa terhadap pembelajaran membaca, menulis dan berhitung di TK Desa Kutanagara dan Desa Girimakmur.Kata kunci: Persepsi, Membaca, Menulis, dan Berhitung.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/18863/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 5, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2019); 67-74
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 5, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2019); 67-74
dc.source 2460-6421
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Persepsi, Membaca, Menulis, dan Berhitung.
dc.title Persepsi Orang Tua Siswa Terhadap Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung di Taman Kanak-Kanak
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account