Universitas Islam Bandung Repository

Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Komik

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Aria, Rizki Fauzi
dc.creator Saepudin, Aep
dc.creator Surbiantoro, Eko
dc.date 2019-01-25
dc.date.accessioned 2019-09-02T06:01:18Z
dc.date.available 2019-09-02T06:01:18Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/14598
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/20423
dc.description Abstract. Quality education can be seen from the results of good student learning achievements. One of the causes of high student achievement is learning interest and it can be incrase with use learning media. But most of the available and easy-to-use learning media such slides, films or videos require supporting tools such as projectors to use them. Not all schools have supporting tools such as projectors, this also happens in MTs Al-Muhajirin. Therefore, in order to achieve good learning achievement, comic-based learning media is used as an alternative media. This study uses the classroom action research method (CAR), the instruments used are observation, interviews and documentation. The research was conducted in class VIII A MTs Al-Muhajirin Lembang with the subject of fiqh teachers and 36 students. The results of this study, (1) the comic-based learning media in this study are applied using the problem based learning (PBL) learning model, the learning steps are not so different from the PBL model in general but there are some adjustments (2) the use of comic-based learning media can improve student learning achievement, this can be seen from the increase in the average acquisition value of students who pretest to get 38.06 increased in the posttest to 91.68, an increase of 53.62. Keywords: Comic, Learning Media, Fiqh Abstrak. Pendidikan yang berkualitas dapat dilihat dari hasil prestasi belajar siswa yang baik. Salah satu penyebab tingginya prestasi belajar siswa adalah minat belajar dan untuk meningkatkan minat belajar salah satu caranya adalah menggunakan media pembelajaran. Tetapi kebanyakan media pembelajaran yang tersedia dan mudah digunakan berupa slide, film atau vidio yang memerlukan alat pendukung seperti proyektor untuk menggunakannya. Tidak semua sekolah memeliki alat pendukung seperti proyektor, hal ini juga terjadi di MTs Al-Muhajirin. Oleh karena itu demi mencapai prestasi belajar yang baik, digunakanlah media pembelajaran berbasis komik sebagai media alternatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksankan di kelas VIII A MTs Al-Muhajirin Lembang dengan subjek guru fiqih dan 36 siswa. Hasil dari penelitian ini, (1) media pembelajaran berbasis komik dalam penelitian ini diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL), langkah pembelajarannya tidak begitu berbeda dengan model PBL pada umumnya akan tetapi ada beberapa penyesuaian (2) penggunaan media pembelajaran berbasis komik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata perolehan nilai siswa yang pada pretest mendapatkan 38,06 meningkat pada postest menjadi 91,68, terjadi peningkatan sebesar 53,62. Kata kunci : Komik, Media Pembelajaran, Fiqih
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/14598/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/downloadSuppFile/14598/3272
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/downloadSuppFile/14598/3273
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/downloadSuppFile/14598/3274
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 5, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2019); 22-28
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 5, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2019); 22-28
dc.source 2460-6413
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Komik, Media Pembelajaran, Fiqih
dc.title Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Komik
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account